Cerita Pemeriksaan USG 4D di Cimahi

Kehamilan menjadi salah satu anugerah yang Allah berikan dalam hidupku. Sulit sekali mengungkapkan rasa bahagia yang Allah hadiahkan. Hanya rasa syukur yang setiap hari aku panjatkan atas pengalaman indah ini. Setiap waktu aku merasakan perubahan dalam tubuhku. Setiap kali akan melakukan sesuatu aku juga harus berpikir dua kali karena kini aku tak lagi sendiri. Sejak mengetahui bahwa diriku hamil, aku juga mulai mencari tahu informasi penting dan bermanfaat bagi ibu hamil.
Tempat Registrasi dan Pemeriksaan Awal

Bidan kandunganku menyarankan untuk melakukan USG di usia kehamilan sejak 16 minggu. Kemudian di usia kehamilan 28 minggu, 32 minggu, dan menjelang kelahiran. Informasi serupa juga aku dapatkan dari teman temanku yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan di bidang yang sama. USG sendiri tersedia dalam beberapa jenis diantaranya 2D, 3D, serta 4D. Delam kehamilan USG 4D sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan jenis USG lainnya. Diantaranya yaitu:

1. Melihat bentuk janin lebih jelas
USG 4D dapat menunjukkan bentuk janin lebih jelas, dimana dengan USG 4D susunan bentuk tubuh janin di dalam kandungan lebih terlihat jelas dibanding hasil USG 2D. USG 4D dapat dengan jelas memperlihatkan organ janin seperti kepala, badan, tangan dan kaki janin. Dokter juga bisa melihat apakah terdapat kelainan atau tidak pada organ janin di dalam kandungan dari USG 4D.

2. Memeriksa kondisi kehamilan lebih jelas
Dokter dapat memberikan informasi lebih tepat kepada ibu hamil mengenai kondisi kehamilannya. Dokter juga dapat memberikan resep kesehatan supaya ibu hamil dan bayi yang dikandungnya menerima asupan vitamin yang sehat.

3. Mengetahui kelainan kondisi di dalam kandungan
Hasil USG 4D membantu dokter melihat kondisi kandungan ibu hamil seperti sehat atau tidaknya kandungan ibu. Dokter juga dapat melihat kemungkinan ada atau tidaknya kelainan yang terjadi pada bayi maupun ibunya. Dimana orang tua bayi juga akan melihat kemungkinan bayi yang dikandungnya cacat, bermasalah atau sehat sehat saja.

4. Mengetahui kondisi plasenta dan air ketuban

5. Membantu dokter dan pasien untuk memutuskan tindakan lebih cepat

Banyak tempat kesehatan yang menyediakan usg 4D bagi ibu hamil. Setelah mempertimbangkan harga usg serta jarak dari rumah, akhirnya aku memutuskanuntuk melakukan usg di Klinik Utama Cimahi Sehat. Klinik ini berada di Jalan Pojok Utara 1 Nomor 15, Cimahi. Kliniknya nyaman dan dokternya juga komunikatif ketika aku memeriksakan kandungan.
Ketika datang kesana pertama kali aku tidak bisa langsung memeriksakan kandunganku. Berikut ini adalah proses pemeriksaan USG yang ku lakukan di Klinik Utama Cimahi Sehat, diantaranya yaitu

1. Proses Pendaftaran
Calon pasien harus melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan di loket pendaftaran. Petugas akan memberikan informasi mengenai waktu yang tersedia. Memang pemeriksaan usg di Klinik Utama Cimahi Sehat banyak diminati pasien sehingga ada sistem waiting list. Jika sedang kosong calon pasien bisa menunggu dalam waktu beberapa hari saja untuk melakukan pemeriksaan. Namun jika sedang ramai, calon pasien harus menunggu 2 minggu hingga beberapa minggu kemudian.

2. Biaya Pendaftaran
Ketika mendaftar dan sudah mendapatkan waktu yang tersedia untuk melakukan pemeriksaan, pasien harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 20.000,- Selain itu calon pasien akan mendapatkan struk pembayaran. Dalam struk tersebut juga akan tertera tanggal pemeriksaan serta urutan antrian pemeriksaan usg 4D yang akan dilaksanakan.

3. Registrasi Pendaftaran
Waktu registrasi dilakukan saat ibu hamil datang di waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam regsitrasi ini, ibu hamil memberikan kartu berobat yang telah dimiliki sebelumnya. Jika belum punya, petugas akan memberikan kartu tersebut setelah melakukan registrasi. Dalam proses registrasi ini ibu hamil akan diperiksa tekanan darah dan berat badannya. Selain itu ada pertanyaan mengenai keluhan yang tengah dirasakan. Jika tidak ada, jawab saja tidak ada. Kemudian pasien akan antri dan menunggu dipanggil untuk melakukan pemeriksaan.

4. Pemeriksaan USG
Nama ibu hamil akan dipanggil oleh petugas perempuan dan ibu hamil dipersilahkan masuk ke dalam ruang pemeriksaan. Pengantar juga diperbolehkan untuk ikut masuk. Namun tentu ada jumlah dan batasan pengantar ibu hamil yang akan melakukan pmeriksaan. Dokter kandungan yang melakukan pemeriksaan yaitu dr. Nogie namun jika dr. Nogi tidak ada pasien akan diperiksa oleh dr. gleen.

Kasir dan Meja Registrasi

Seperti prosedur USG pada umumnya, petugas akan membantu pasien membuka area perut dan mengoleskan gel pada bagian perut ibu hamil. Gel pada USG berfungsi untuk mencegah terjadinya gesekan antara alat usg dengan kulit ibu hamil. Selain itu gel juga memudahkan transformasi pengiriman gelombang suara ke dalam kandungan.

Tujuan pengolesan gel ini agar mencegah terjadinya gesekan antara kulit dan transducer. Gel tersebut juga berfungsi memudahkan pengiriman gelombang suara ke dalam tubuh.
Dokter yang bertugas akan memberikan penjelasan mengenai kondisi plasenta, ketuban, posisi bayi, serta kondisi rahim ibu hamil. Penjelasan yang diberikan oleh Dokter di Klinin Utama Cimahi Sehat sangat membantu karena penyampaiannya yang lugas dan jelas. Pasien juga bisa bertanya jika ada hal hal yang kurang jelas atau kurang dimengerti misalnya. Dokter juga akan memberi informasi mengenai berat badan bayi yang ada dalam kandungan ibu hamil.
Ruang Tunggu

Ibu hamil dan pengantar dapat melihat hasil USG dari layar tv yang ada di dinding ruangan pemeriksaan. Hal ini membuat ibu hamil dan pengantar dapat melihat dengan jelas dan puas kondisi kandungan yang ada di dalam tubuh ibu hamil. 

5. Foto USG
Dokter akan memberikan dua hasil foto USG, foto pertama yaitu hasil USG hitam putih seperti hasil USG 2D. Adapun foto kedua yaitu foto yang lebih jelas dimana merupakan hasil foto 4D. Hasil foto 4D juga terlihat jelas dan membuat ibu hamil bahagia melihat calon bayinya di dalam kandungan.

6. Biaya USG 4D
Biaya pemeriksaan USG 4D yang dilakukan di klinik utama Cimahi Sehat adalah Rp. 180.000,- jika dijumlah dengan biaya pendaftaran menjadi Rp. 200.000,- harga ini meurutku cukup terjangkau dibandingkan dengan harga pemeriksaan USG 4D di tempat lain.