19 September 2018

TIPS MENGATASI KAKI KRAM PADA IBU HAMIL

Kehamilan yang dirasakan oleh wanita merupakan suatu kebahagiaan yang luar biasa. Namun tahukah kamu bahwa perjuangannya juga bukan hal yang mudah dan biasa saja. Banyak sekali keluhan yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil. Mulai dari morning sickness seperti pusing, mual dan muntah di trisemster pertama. Sulit tidur di malam hari, nafas yang mulai terasa berat, rahim yang semakin besar dan membuat berat badan juga meningkat tajam. Keluhan lainnya yang sering dirasakan oleh ibu hamil yaitu kaki kram.

Kram pada merupakan suatu kondisi dimana otot pada bagian tubuh tiba tiba menegang dan akhirnya membuat rasa sakit pada bagian tubuh tersebut. Bagian tubuh yang bisa merasakan keram bisa apa saja, namun yang paling sering yaitu bagian tangan dan kaki. Pada ibu hamil, kram pada kaki adalah hal yang sering terjadi. Apalagi di malam hari ketika ibu hamil tengah tidur lelap. Ibu hamil biasanya bangun tiba tiba karena rasa nyeri yang dirasakannya akibat kram pada kaki.

Kondisi kram pada kaki merupakan hal yang wajar terjadi. Dikutip dari berbagai sumber, kram pada kaki ibu hamil bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya

1. Kekurangan Kalsium dan Magnesium
Ibu hamil membutuhkan kalsium dan magnesium yang lebih banyak daripada biasanya. Hal ini karena janin dalam kandungan juga memerlukan kalsium untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang, saraf dan otot janin di dalam kandungan. Selain itu kalsium juga berperan penting untuk menjaga detak jantung bayi agar selalu stabil. Bagi ibu hamil sendiri, kalsium penting untuk mencegah osteoporosis.

2. Dehidrasi dan Kurang Minum Air Putih
Kekurangan cairan pada ibu hamil juga dapat mendapatkan kram pada kaki ibu hamil. Ibu hamil yang jarang atau sedikit dalam mengkonsumsi air putih juga disebut sering merasakan kram pada kaki saat tengah hamil.

3. Suhu Dingin
Suhu dingin pada malam hari yang seringkali dirasakan ibu hamil juga dapat memicu kram pada kaki. Suhu dingin dapat memicu otot menegang sehingga akhirnya menimbulkan kram pada bagian tubuh ibu hamil.

4. Cedera saat tidur
Ketika tengah tertidur pulas kadang ibu hami, tidak sengaja berubah posisi secara tiba tiba sehingga bisa membuat cedera. Sehingga otot tiba tiba bisa saja menegang dan akhirnya membuat kaki atau bagian tubuh ibu hamil lainnya menjadi kram.

Kram yang dirasakan oleh ibu hamil bisa saja terjadi hanya dalam hitungan detik. Namun akibat kram tersebut bisa membutuhkan waktu yang berbeda beda pada ibu hamil. Ada yang tidak merasakan nyeri maupun ngilu sejak kram terjadi. Ada juga yang merasakan nyeri dan ngilu pasca kram selama beberapa menit bahkan ada yang sampai merasakan pegal beberapa hari kemudian. Bagi yang pernah merasakan kram pada kakinya saat hamil tentu mengetahui bagaimana rasa nyeri dan ngilu yang dialaminya tersebut. Adapun terdapat beberapa tips agar ibu hamil dapat meminimalisir kram yang terjadi. Diantaranya yaitu

1. Letakkan posisi kaki lebih tinggi dari posisi badan
2. Kompres kaki dengan air hangat sebelum tidur
3. Pijat kaki sebelum tidur
4. Perbanyak minum air putih
5. Lakukan peregangan dan olahraga ringan dan aman untuk ibu hamil setiap hari
6. Rendam kaki dengan air hangat sebelum tidur
7. Pastikan kaki dalam kondisi hangat dan tidak kedinginan ketika tidur

Beberapa cara yang tertera diatas terbukti berhasil menurutku. Setelah melakukan beberapa cara diatas kram kaki yang beberapa kali sering ku rasakan saat hamil juga tidak terjadi lagi. Semoga cara ini membantu teman teman yang sedang hamil atau sering merasakan kram pada kaki saat malam hari ya. Punya tips lainnya yang bisa mengatasi kram saat hamil? Silahkan comment dibawah ini. Mari berdiskusi bersama ya

30 comments:

  1. nice tips, kepake banget ini ilmunya nanti kalau dikasih kesempatan hamil

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat banget teh infonya... ๐Ÿค—

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat.. makasih teh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  4. Aku belum hamil tp sering pegel kaki kl kecapean. Dan smua poin slalu dilakuin. Yg paljng enak sih ngerendem kaki di air anget hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa dari sebelum nikah juga rendem kaki di air anget emang enak ya

      Delete
  5. wah makasih loh sharingnya ya Insya Allah bakalan berguna nih nanti

    ReplyDelete
  6. Ilmu ini bakalan bermanfaat banget nanti.. Makasih yah

    ReplyDelete
  7. Aku banget nih pas hamil kemarin. Makasih tipsnya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama yaa, ngerasain juga yaa tteh pegelnya kram gimana

      Delete
  8. Yeaayy tips baruuu.. Mksh ya teh infonya๐Ÿ‘Œ

    ReplyDelete
  9. Ini buat yang nggak lagi hamil juga boleh dipraktekin kan teh? ��

    ReplyDelete
  10. Kalo aku nggak bisa jongkok sejak hamil 8 bulan teh, huhu kemana2 pk sepatu olahraga biar empuk heu

    ReplyDelete
  11. Kram kaki juga bisa terjadi kalau bumil kecapean, terlalu lama duduk, terlalu lama berdiri.

    Sehat-sehat ya bumil cantik.

    ReplyDelete
  12. Aku banget selagi hamil mulai dr 30 minggu ke atas, tiap malem kram mulu,hmm nikmat kan rasanyaa...
    Dulu kata Dokter, kakinya ditopang sama bantal aja, iya enakeun, meski kadang masih suka kram dikit hahah

    ReplyDelete
  13. catet ah.. biar suatu saat nanti kalo aku ngalamin aku udah tau apa yang harus dilakukan hehe.. makasih Risky..

    ReplyDelete
  14. huah teteh pas hamil baaik hamil pertama n kedua aku langganan banget kram kaki lagi tidur, lagi santai sampe pernah jariku nekuk sendiri lagi nonton wkwkwk..selepas lahiran udah deh bye kram

    ReplyDelete
  15. DUlu pas hamil sering banget kram kaki, biasanya pas tidur kaki dikasih bantal lebih tinggi dan kasih kaos kaki biarnggak kedinginan

    ReplyDelete
  16. Waktu hamil dulu juga aku gitu, kali keatas, kelamaan pinggang sakit hhaha

    ReplyDelete
  17. Wah sama aku juga kalau hamil suka kram kakinya tiba-tiba.

    ReplyDelete
  18. Teh, saya belum hamil tapi sering kram, kayaknya yg karena udara dingin deh.... Numpang nyontek solusinya yaaa hehehe makasih sudah sharing

    ReplyDelete
  19. Kaki aku juga suka keram nih pas bangun tidur, tips-tips tadi bisa dipraktekin ga teh untuk yg ga hamil?

    ReplyDelete