10 September 2018

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Ibu Hamil yang Bekerja


Tidak sedikit perempuan yang memutuskan untuk bekerja meskipun tengah mengandung. Namun tak sedikit pula ibu hamil yang memutuskan resign dari pekerjaannya ketika mengetahui bahwa dirinya tengah mengandung. bagi ibu hamil menjaga kesehatan adalah hal yang wajib, apalagi ada calon buah hatinya di dalam rahim yang perlu dijaga. Kondisi kesehatan setiap perempuan yang berbeda beda juga menuntut setiap ibu hamil harus lebih perhatian dan mendengarkan kondisi kesehatan dirinya.

Banyaknya keluhan mengenai perubahan yang terkadi akibat hormon saat hamil membuat banyak ibu hamil mencari tahu bagaimana tips menjaga kedehatan agar tetap fit dan dapat berkatifitas secara normal. Perlu diingat bahwa ibu hamil adalah seseorang yang sehat. Bukan berarti ibu hamil adalah orang yang sakit sehingga seringkali dilarang melakukan hal ini atau itu. Meskipun memang ada beberapa larangan aktifitas ataupun dalam bentuk lainnya yang bertujuan agar ibu hamil tidak mudah lelah.

Berbagai macam mitos dan fakta yang beredar di lingkungan sekitar ibu hamil juga kerap kali mengganggu kondisi ibu hamil itu sendiri. Oleh karena itu ada beberapa tips yang bermanfaat agar ibu hamil tetap bisa menjaga kesehatannya walaupun sibuk bekerja. DIantaranya yaitu

1. Menjaga pola makan

Perempuanyang tengah mengandung biasanya mengalami morning sicknees di usia awal kehamilannya. Gejala mual dan muntah juga dirasakan oleh banyak ibu hamil. Meskipun begitu, ibu hamil harus tetap menjaga pola makannya dengan baik. Jika ibu hamil merasa mual dan tidak ingin makan setidaknya ia harus memikirkan bayi yang ada dalam kandungannya. Sehingga, ibu hamil bisa menerpakan pola makan dengan jumlah yang sedikit namun lebih sering dari biasanya.

2. Menjaga asupan makanan dan minuman yang bergizi

Meskipun sering merasa mual dan muntah ibu hamil tetap perlu menjaga kondisinya agar tetap sehat. Oleh karena itui asupan makanan dan minuman yang bergizi sangat diperlukan. Asupan bergizi seperti karbohidrat, buah buahan, sayuan, vitamin, dan minuman sehat lainnya merupakan beberpa contoh asupan makanan dan minuman bergizi. Jika ibu hamil merasa mual untuk memakan karbo dalam bentuk nasi, ibu hamil bisa mengganti karbo dengan sayuran seperti gandum, kentang, jagung atau bahakn biskuit. Minuman bergizi yang disarankan yaitu berupa jus buah atau sayur yang kaya akan vitamin bermanfaat bagi ibu hamil dan calon bayi dalam kandungannya.

3. Perbanyak minum air putih

Jika dalam kondisi biasa, seorang perempuan tidak terlalu banyak minum air putih, maka kebiasaan tersebut harus diubah ketika hamil. Karena saat sedang hamil, ibu hamil perlu asupan air putih yang cukup bagi dirinya. Mengkonsumsi air putih sangat diperlukan bagi ibu hamil apalagi bayi dalam kandungan ibu hamil memerlukan cairan ketuban yang sehat. Air ketuban yang melindungi bayi juga ternyata beregulasi kurang lebih 4 jam sekali lho. Air putih memiliki banyak manfaat apalagi untuk ibu hamil. jadi jangan malas minum air putih ya!

4. Minum Vitamin

Ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi vitamin untuk dirinya dan calon bayi yang ada dalam kandungannya. Vitamin yang biasanya banyak dibutuhkan yaitu kalsium. Selain vitamin, ibu hamil juga disarankan mengkonsumsi asam folat yang sangat bermanfaat bagi bayi dalam kadnungannya.

5. Olahraga

Meskipun tengah hamil, ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga rutin. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesegarab dan kebugaran ibu hamil. Ibu hamil juga menjadi lebih sehat dan jarang merasakan lemas jika ia terbiasa berolahraga. Namun tentu ada batasan yang harus dilakukan ibu hamil jika berolahraga. Seaiknya pilih jenis olaharaga yang ringan dan tidak membahayakan kandungan. Selain itu jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga dalam waktu yang lama karena dapat memicu kelelahan yang berlebihan pada ibu hamil.

6. Jangan terlalu lama duduk atau berdiri

Ibu hamil yang bekerja sembari duduk, sebaiknya ingat bahwa kebiasaan duduk yang lama akan membuat kaki mudah bengkak. Begitu juga jika ibu hamil terlalu sering berdiri maka ia akan mudah lelah. jadi, sebaiknya ibu hamil yang bekerja baik itu sembari duduk atau berdiri dalam waktu yang lama wajib menyempatkan diri untuk beristirahat. Ibu hamil yang bekerja sembari duduk, harus menyempatkan berdiri dan berjalan minimal setiap 30 menit sekali. Begitu juga ibu hamil yang bekerja sembari berdiri harus menyempatkan untuk duduk dan beristirahat.

7. Dengarkan tubuh anda

Sangat baik jika ibu hamil dapat mendengarkan apa yang diinginkan dan dirasakan oleh tubuhnya. Terkadang calon bayi dalam kandungan ibu hamil juga mnegirimkan sinyal sinyal baik untuk menuntun ibu hamil agar melakukan apa yang harus dilakukannya. Jadi alangkah lebih baiknya ibu hamil memahami kondisi tubuhnya saat tengah mengandung. Bukan berarti ibu hamil tidak bebas bergerak lho ya! karena ibu hamil yang hanya berbaring atau berisitirahat terus dalam waktu yang lama padahal ia sehat juga bisa menyebabkan dampak yang tidak baik bagi kesehatnnya.


Beberapa cara diatas adalah tips untuk menjaga kesehatan bagi ibu hamil yang tengah bekerja. Adakah teman teman yang sudah berpengalaman sebelumnya? dimana tengah hamil namun tetap aktif bekerja seperti biasa? yuk kita diskusi bersama.

47 comments:

  1. Saya jadi inget pas hamil masi kerja tapi santai cm seminggu 3kali da ga cape, cuti 2mgu sebelum lahiran sampe sekarang gtw kapan kerja diluar lagi.. Emang harus sedia snack cz laper mulu heh

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan tteh, aku juga siap sedia selalu cemilan. hehe

      Delete
  2. waahh makasih udh sharing tips nya bumil, insyaAllah bisa dipake nanti pas ngalamin jadi bumil juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama geulis, semoga lancar persiapan semuanya ya

      Delete
  3. bumil juga mesti olahraga ya? wah kepake nih buat nanti aku udah mengalami fase ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, biar bumil sehat. Katanya bumil ngga boleh sakit lho. huhu

      Delete
  4. Wih tipsnya membantu, nanti bisa aku praktekin kalo jadi bumil hihi makasih teh sharingnya :)

    ReplyDelete
  5. dulu pas hamil sering minum air ya beser dikit2 ke toilet tapi demi kesehatan rapopo hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini yang paling susah tteh, harus banyak minum. lumayan pr bulak balik ke kamar mandinya

      Delete
  6. Mesti kasih tahu nih ke teman-teman yang lagi hamil artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. share yaa tteh, biar temen temennya tahu juga hehe

      Delete
  7. Bagian paling berat jadi bumil selain persalinan itu ya morning sickness. Nggak kebayang kalo ngalaminnya pas lagi kerja. Huhu suatu hari aku juha bakalan ngalamin itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangaat! semuanya insyaallah bisa dilalui dengan baik

      Delete
  8. Dengerin alarm tubuh nih yang sering kali diabaikan. Saat ada capek dikit, pasti aja mikirnya, ah gapapa. Ada gejala itu dikit, gak didenger. Jadinya lama-kelamaan mengganggu. Semoga para bumil gak kayak saya deh. Lagi hamil mah, sekecil apa pun yang terasa, kudu didengerin. Takutnya jadi hal yang berbahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh Nia pernah kenapa kalau boleh tau? hehe

      Delete
  9. Saat hamil kedua anakku tetap bekerja. Bahkan saat kehamilan kedua ak sering gendong anak pertama krn aku bawa anak kerja.
    Aku slalu berusaha utk menjaga makan dan minum vitamin, supaya aktivitasku tetap terjaga ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa hebat sekali, pasti kerasa banget berjuangnya tteh

      Delete
  10. Saya sangat menikmati pekerjaan saya waktu hamil anak pertama. Saat hamil anak kedua, saya sudah ganti pekerjaan. Dan rasanya pengin resign terus.

    ReplyDelete
  11. Saat hamil anak pertama saya langsung keluar kerjaa, hehe. Saking takut ada apa2nya krn jauh tpt kerj sama rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. keputusan yang banyak diambil juga sama ibu hamil yaa

      Delete
  12. Nice info teh .. mmbantu juga buat calon2 ibu hehe .

    ReplyDelete
  13. info yang bermanfaat sekali teeh . ngebantu buat para calon ibuuk

    ReplyDelete
  14. Makasih teh infonya. Doain aku biar cepet2 bisa nerapim tips2 itu teh. Hhu aamiin

    ReplyDelete
  15. Nice info teeh..untuk perbekalanku­čśŐ

    ReplyDelete
  16. Jd inget las hamil dulu. Udah nggak kerja ke kantor cuma kerja dirumah, dibanyakin nonton drakor biar anaknya kaya orang sana, wkwkwkkw. Tapi khalif nggak kaya orang korea euy.

    ReplyDelete
  17. Nice share teteh. Noted nanti klo aku udh nikah dan hamil intip lagi tipsnya ­čśä

    ReplyDelete
  18. Banyak makan, minum dan olahraga bener bener wajib dilakuin pas lagi hamil.. biar sehat ibu dan bayi..

    ReplyDelete
  19. nice info, buat bekal aku dimasa yang akan datang, hehehe.. sehat-sehat sampe lahiran ya Risky.. :-)

    ReplyDelete
  20. Jadi semangat buat terus produktif kala nanti jadi bumil, soon. Tengkyu for sharing teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, hamil bukan jd penghalang aktivitas dong

      Delete
  21. Btw aku tadi malem ngimpi hamil terus jalan jalaaan wkwkkw aneh. Makanya liat post ini kayanya inspirasi banget kalo aku hamil kaya yang d mimpi td malem... Haturnuhun infonya Teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa semoga segera terwujud mimpinya yaa

      Delete
  22. info sangat berguna teh buat bumil hehe..
    makasih untuk infonya

    ReplyDelete
  23. Saya jadi inget dulu pas pembukaan 1 masih kerja huhuhuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembukaan 1 masih kerja? gimana rasanya tteh? duh ngga kebayang

      Delete
  24. Aku lg program kehamilan ni semoga aja ya bisa menerapkan tips ini dikemudian hari amin aminn

    ReplyDelete
  25. Noted ah, buat reminder kalau aku udah merit dan hamil nanti :)

    ReplyDelete