02 November 2017

Tak Perlu Repot Apalagi Lelah Antri, Begini Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api #JamanNow

Kereta Api merupakan salah satu transportasi andalanku kalau perlu pergi ke luar kota apalagi provinsi. Aku sendiri sudah tahu kereta api sejak kecil dulu. Sering mudik bulak balik Bandung – Gombong juga naik kereta api karena nenek kakekku ada disana. Sudah menjadi rutinitas di setiap tahunnya kami sekeluarga mudik menggunakan kendaraan besi tersebut.
Foto: fakta.co.id
Tahu nggak sih jaman dulu kalau mau naik kereta harus antri lama karena antriannya sendiri panjang banget. Selain itu penumpang juga tidak bisa memesan tiket jauh jauh hari sebelum keberangkatan. Tiket kereta yang didapet juga ngga sebagus sekarang. Tiket kereta jaman dulu bentuknya cuma sepotong kertas kecil. Kalua tidak salah nama tiketnya yaitu tiket Edmonson, nama tiketnya sendiri sesuai dengan nama si penemunya.
Foto: Plurk.com
Selain itu, naik kereta jaman dulu itu ngga seenak sekarang kalua dilihat dari segi kenyamanan lainnya. Diantaranya yaitu kursi penumpang yang melebihi kapasitas. Aku ingat sekali ketika aku mudik waktu masih SD dulu. Banyak penumpang berebut tempat duduk dan duduk di sembarang tempat didalam kereta yang membuat keadaan penumpang kereta menjadi lebih ramai dan terasa pengap. Penumpang banyak yang duduk di lantai kereta, duduk berdesak desakkan di bangku penumpang, bahkan di sela sela gerbong antar kereta.

Para pedagang yang ada pada saat itu juga turut menambah keramaian yang ada di dalam kereta. Banyak dari mereka yang lalu Lalang berjalan menyusuri gerbong menjajakan makanan, minuman, mainan, perlengkapan rumah tangga, buku, dll. Aku ingat betul bagaimana banyaknya pedagang mainan yang menghampiriku kala itu. Tapi aku juga punya makanan favorite yang hanya bisa ku dapatkan saat itu di dalam kereta, yaitu Pecel.
Foto: news.okezone.com
Namun kini, transportasi andalanku tak lagi seperti dulu. Aku merasakan perubahan yang signifikan dan amat menyenangkan saat ini. Mulai dari pembelian tiket, fasilitas penumpang, hingga para pedagang yang tak terlihat lagi di dalam kereta. Saat ini, aku sebagai penumpang bisa duduk nyaman sesuai dengan tempat duduk yang tertera di boarding pass kereta api. Tidak lagi ku lihat penumpang duduk di sembarang tempat apalagi duduk diantara gerbong kereta. Karena sudah ada petugas juga yang siaga mengamankan para penumpang nakal tersebut.

Pedagang yang dulu lalu lalang dengan bebasnya juga sudah tidak ada lagi. Kini pramusaji yang tampan dan cantik menggantikan mereka. Penawaran makanan yang mereka lakukan juga lebih ramah dan tidak mengganggu kenyamanan para penumpang. Belum lagi makanan yang disajikan juga higienis dan lebih rapi juga menarik. Penumpang juga tak perlu merasa pengap ataupun kegerahan karena sudah ada ac di tiap gerbongnya. Kebutuhan listrik juga tersedia di setiap kursi penumpang yang saat ini sering dibutuhkan oleh banyak orang. Pemesanan tiket juga dapat lebih mudah dilakukan lho. Kini, calon penumpang tidak perlu repot antri dan menunggu lama jika ingin membeli tiket kereta api. Setiap calon penumpang juga bisa membeli tiket jauh jauh hari sbeelum waktu keberangkatan yaitu H-90.
Foto: Aplikasi Traveloka
Kemajuan teknologi juga menghadirkan Traveloka, yang dapat membantu semua orang. Traveloka merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket transportasi umum, hotel, lokais wisata, bahkan juga aplikasi penyedia kebutuhan lainnya yang amat memudahkan. Dengan menggunakan Traveloka, calon penumpang kereta api tak perlu lagi datang ke stasiun untuk antri lama membeli tiket. Cukup dengan sebuah aplikasi di smarthphone kebutuhan setiap penumpang terasa mudah dalam genggaman.
Foto: Aplikasi Traveloka
Fitur pemesanan tiket kereta api di Traveloka juga sangat mudah dan tidak membingungkan para calon penumpang. Di dalam halaman utama, calon penumpang tinggal memilih menu utama Tiket Kereta Api. Kemudian calon penumpang akan diminta informasi data jadwal keberangkatan seperti stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal berangkat dan jumlah penumpang. Setelah memeilih jadwal keberangkatan, penumpang kemudian akan diarahkan untuk melakukan proses selanjutnya yaitu memilih ketersediaan kereta yang sesuai dengan jadwal keberangkatan. Calon penumpang bisa memilih tiket sesuai dengan jam yang diinginkan serta harga yang sudah tertera di halaman aplikasi Traveloka.
Foto: Aplikasi Traveloka
Calon penumpang juga bisa mengatur rate harga ketersediaan kereta yang tersedia. Menu filter dan urutan yang tersedia begitu memudahkan penumpang untuk memilih kereta mana yang akan ditumpaninya. Jika sudah memilih jadwal keberangkatan dan sudah memilih kereta jurusan mana yang akan ditumpangi, calon penumpang akan diminta mengisi data diri. Data diri yang diisi berupa data pemesan serta data calon penumpang itu sendiri. Kelebihan dari Traveloka yaitu, calon penumpang juga bisa memilih akan duduk di kursi sebelah mana. Sehingga keutamaan penumpang juga sangat diperhatikan.
Foto: Aplikasi Traveloka
Tahap selanjutnya yang dilakukan yaitu pembayaran. Traveloka juga secara transparan memberikan rincian harga tiket kereta kepada calon penumpang. Hal ini dilakukan supaya penumpang mengetahui rincian biaya apa saja yang ia keluarkan tentunya. Metode pembayaran yang tersedia juga amat memudahkan calon penumpang. Pembayaran bisa dilakuakn dengan kartu kredit, transfer, maupun melalui minimarket yang menjadi relasinya. Tapi perlu diingat, pemesanan melalui Traveloka diberikan waktu 38 menit saja untuk melunasi pembayarannya. Jika melebihi batas waktu tersebut maka pemesanan tiket kereta api berarti dibatalkan.
Foto: Aplikasi Traveloka

Jika semua tahap sudah dilakukan dengan baik, calon penumpang juga akan mendapatkan detail pemesanannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan data dan informasi calon penumpang, jadwal keberangkatan serta pembayaran yang harus dilakukan. Jika sudah pemesan akan mendapat invoice dan pemesanan tiket sudah dilakukan dengan proses yang mudah, cepat dan akurat tentunya.

Traveloka sebagai partner resmi kereta api hadir untuk memudahkan para pemesan dan calon penumpang. Hal ini tentu menjadi kepuasan tersendiri bagi para penggunana. Apalagi kelebihan lainnya seperti Passenger QuickPick dan Last Minute Booking. QuickPick memudahkan penumpang untuk tidak perlu repot mengisi data kembali ketika akan memesan tiket kereta api lagi di lain waktu. Adapun Last minute booking memudahkan para calon penumpang untuk memesan tiket dalam keadaan mendesak misalnya. Selain itu fitur last minute booking yang diluncurkan Traveloka juga banyak bertabur diskon dan promo menarik lainnya. Namun ketersediaan tiket tentu tidak menjadi jaminan karena banyak calon penumpang yang juga sudah memesan tiket jauh jauh hari.

Kemudahan yang diberikan kini membuatku menjadi lebih nyaman juga senang. Aku tidak perlu repot antri untuk mmesan tiket kereta api. Jika ada kebutuhan yang mendesak, aku juga bisa memanfaatkan fitur last minute yang ada di Traveloka. Traveloka dulu, Jalan Jalan Kemudian!

0 komentar:

Post a Comment