04 June 2017

Suka Lari? Yuk Ikutan Lomba Lari BDG 100K

Melewati 4 Puncak Gunung di Bandung
Komunitas pecinta lari di Jawa Barat akan mengadakan suatu event yang berbeda dari sebelumnya. Komunitas tersebut akan mneggelar lomba lari ultra trail pertama di Bandung. Istimewanya lomba yang bertema BDG 100K ini akan melewati 4 puncak yang ada di Bandung. Diantaranya yaitu puncak Plasari, Bukit Tunggul, Tangkuban Perahu dan Burangrang. Acara lomba tersebut akan dilaksanakan pada 16-17 September 2017.

Foto: dok. Pribadi

Perlombaan lari ini juga akan dibagi menjadi 3 kategori. Diantaranya yaitu 100K, Relay 100K, dan 50K. Para peserta lari akan mulai di titik start dan finish yang sama. Titik start sendiri berada di Taman Hutan Raya Djuanda, Dago Pakar adapun titik finishnya ada di Villa Istana Bunga, Parongpong, Bandung Barat. Para peserta akan melewati pemandangan panorama pegunungan yang indah.lingkungan dan kondisi geografis Bandung berupa cekungan dan gunung gunung yang ada di sekitarnya menjai daya tarik dan pengalaman baru tentunya bagi para peserta lari.
Foto: Perwakilan Manajemen Bank BJB dan Race Director Abah Dian (dokumentasi pribadi)

Perlombaan lari ultra trail ini menantang peserta untuk dapat melewati track yang berliku. Pada kategori 100K peserta harus melewati hingga 6630 elevation gain dengan waktu cot 32 jam. Adapun di kategori 50K peserta harus melewati 2680 elevation gain dan waktu cot yang tersedia yaitu 15 jam. Elevation gain adalah total ketinggian trek pada rute lomba lari tersebut. Adapun untuk kategori Relay 100K para peserta lari estafet dari satu titik ke titik lainnya. Terdapat 3 titik diiantaranya yaitu Taman Hutan raya – Cibitung – Jayagiri. Uniknya pada kategori Relay 100K tersebut minimal harus ada seorang perempuan sebagai pesertanya.
Foto: Perwakilan Dispora Jawa Barat dan Race Director BDG 100K

Sepanjang perjalanan rute lari juga tersedia Water Station (WS) yang disediakan untuk para peserta untuk istirahat juga mengisi stamina maupun perbekalan yang habis di perjalanan misalnya. Beberapa WS juga menyediakan makanan berat bagi para peserta. Selain itu ada juga tenaga medis dan kendaraan yang siap untuk mengantar jemput peserta untuk mnegantarkannya ke titik finish. Ataupun jika peserta kelelahan dan sakit di rute perjalanan lomba lari.
Foto: dok. Pribadi

Pendaftaran lomba ini juga telah dibuka sampai 27 Agustus 2017 nanti. Hingga saat ini antusias peserta lomba juga sudah banyak. Apalagi tidak hanya peserta dari dalam negeri saja, namun ada juga peserta lomba dari luar negeri diantaranya Brunei, Malaysia, India, dan Perancis yang sudah ikut mendaftar acara BDG 100K tersebut. Hal tersebut tentu menjadi tantangan juga untuk para panitia supaya dapat menyuguhkan acara lomba lari yang terbaik di event besar ini.
Foto: Perwakilan peserta lomba lari asal Bandung yang akan Lomba Lari ke Perancis

Waktu yang tersedia diantara waktu pendaftaran dan lomba nantinya dapat dimanfaatkan oleh para peserta untuk berlatih dan mengasah kemampuan larinya. Komunitas Bandung explorer juga melaksanakan kegiatan berlatih bersama yang diadakan setiap hari Senin, rabu, dan Jumat. Latihan tersebut juga terbuka untuk umum dimana dalam latihannya mereka berlari bersama menyusuri jalanan kota, pinggiran kota, hingga pelosok hutan.
Dalam Press Conference yang diadakan Jumat, 3 Juni 2017 lalu Race Director BDG100K Ultra yaitu Dian R Sukmara juga menyatakan semoga event BDG 100K ini juga diharapkan menjadi pintu event yang lebih besar nantinya. Dalam press conference tersebut pria yang akrab disapa abah Dian juga menceritakan gama=baran umum lomba lari tersebut. Hadir juga perwakilan manajemen Bank BJB selaku salah satu sponsor serta perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat. Semua peraturan lomba serta informasi lomba acara BDG 100K ini dapat dilihat lebih lanjut di website www.bdg100.id.

2 comments:

  1. keren nih teh! :)
    tapi sha mah ga sanggup kalo di suruh lari 100k! haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sama, aku juga ngga sanggup deh. Tapi kalo udah biasa lari sama latihan kayanya bisa kali ya :)

      Delete