03 June 2017

Memahami Makna 4 Pilar Kebangsaan yang Merupakan Sebuah Jati Diri Bangsa Indonesia


Indonesia merupakan bangsa besar dengan segala keanekaragamannya di dunia. Indonesia menjadi salah satu Negara dengan ragam suku, kebudayaan dan agama. Indonesia juga terkenal dengan luas wilayahnya yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Keanekaragaman yang ada di Indonesia tentu menjadi sebuah kekayaan yang tak ternilai harganya. Namun, keanekaragaman tersebut juga dapat menjadi tantangan yang besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.
Setiap negara tentu memiliki pedoman dalam setiap kehidupannya sehari sehari. Begitu juga dengan Indonesia yang memiliki 4 Pilar Kebangsaan yang menjadi pedoman dalam diri. Dimana 4 pilar kebangsaan tersebut merupakan sumber kekuatan yang mampu membuat keanekaragaman di Indonesia menjadi lebih berarti. Apalagi 4 Pilar Kebangsaan tersebut bukan hanya berlakuuntuk suatu golongan saja, melainkan untuk seluruh masyarakat Indonesia.
Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri atas Pancasila, UUD’45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika memiliki makna yang dalam dan luas jika dipahami dengan baik. Ke-4 pilar tersebut tentu juga bersifat umum dan menjadi anjuran yang baik tentunya dalam melaksanakan kegiatan sehari hari. Jika seluruh masyarakat Indonesia mengetahui, memahami dan mau mengamalkan pengertian 4 pilar yang ada dengan baik maka Indonesia tentu mampu benar benar membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar.
Pancasila yang merupakan ideologi dan dasar negara yang tentu merupakan pondasi kehidupan berbangsa dan bernegara. 5 butir poin Pancasila sudah mewakili bagaimana seseorang seharusnya berkelakuan dalam kehidupan sehari hari. Indonesia tentu akan menjadi negara yang damai jika seluruh lapisan masyarakat yang ada tidak hanya hafal namun benar benar mengamalkan isi dari Pancasila sesungguhnya.
Undang Undang Dasar 1945 berisi tentang aturan dan hukum dasar tertulis di Indonesia. Dari UUD’45 inilah ketetapan dan aturan hukum yang berlaku di Indonesia dijalankan. UUD’45 telah mengalami beberapa kali perubahan yang tentu disesuaikan dengan kondisi perkembangan kehidupan bermasyarakat Indonesia. Sehingga UUD’45 yang menjadi salah satu pilar kabngsaan tentu berperan penting dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Dimana semua perilaku masyarakat diatur untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.
Negara Indonesia juga terdiri atas gugusan pulau dari Sabang sampai Merauke. Hal tersebutlah yang membuat Indonesia disebut sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak hanya pulaunya dengan jumlah yang banyak, namun juga keanekaragaman bahasa, kebiasaan, wisata, bahkan hingga makanannya. Keunikan yang ada di setiap wilayah Indonesia menjadi daya tariktersendiri bagi masyarakat Indonesia sendiri dan para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Takheran, Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata bagi para turis asing karena keindahan keanekaragamannya.
Sebagai warga NKRI yang baik, sudah sepatutnya kita dapat saling menerima perbedaan yang ada. Saling menghargai juga menghormati satu sama lain. Karena setiap orang dan daerah memiliki kebiasaan dan tatakrama yang berbeda pula. Hal tersebut merupakan garis besar dari makna salah satu pilar kebangsaan yaitu Bhineka Tunggal Ika. Meskipun berbeda beda baik suku, budaya, dan agamanya tetapi tetap satu juga. Tetap satu untuk memegang teguh Pancasila, UUD’45, serta tetap menjaga keutuhan NKRI.
Memahami 4 pilar kebangsaan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Secara tidak langsung, dengan berperilaku yang baik dan benar dalam kehidupan sehari hari ternyata setiap masyarakat Indonesia telah mengimplementasikan 4 pilar kebangsaan yang ada. Misalnya dilakukan dengan cara saling menerima perbedaan dan saling menjaga satu sama lain. Hafal dan paham dari makna pancasila meskipun secara sederhana dan dengan tidak melanggar aturan aturan hukum yang berlaku juga merupakan bukti bahwa masyarakat Indonesia sudah memahami dan mengamalkan makna dari 4 pilar kebangsaan.

0 komentar:

Post a Comment