03 June 2017

Soft Launching Wakaf Al-Quran Bersama Gramedia Merdeka


Senin lalu tepatnya 28 Mei 2017 aku menghadiri soft launching Wakaf Al Quran di Gramedia Merdeka, Bandung. Rintik gerimis menemaniku selama perjalanan dari Bandung Barat ke lokasi acara. Ada satu kejadian konyol yang terjadi di perjalanan. Ternyata Gramedia yang seharusnya ku datangi kelewatan dan aku baru sadar Gramed-nya terlewat ketika sudah sampai di salah satu toko sepatu dekat lampu merah. Akibatnya akupun harus putar balik dan ternyata jalanan macet, aku sudah khawatir akan datang terlambat padahal sudah janjian juga dengan salah satu Blogger Bandung lainnya. Dengan sekian drama yang terjadi akhirnyaku sampai di lokasi dan langsung menuju lantai 3 tempat berlangsungnya acara tersebut. Sesampainya disana sedang ada penampilan 3 ikhwan yang menghibur para peserta soft launching Wakaf Al Quran.

Usai beberapa lagu yang dibawakan, acara dibuka oleh 2 mc yang kece. Beberapa pihak penting-pun kemudian menyampaikan sepatah dua patah kata dalam acara tersebut. Sambutan pertama disampaikan oleh Pak Wahyu selaku kepala toko Gramedia Merdeka, Bandung. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ide Wakaf Al Quran ini ternyata hanya dari obrolan biasa saja. beliau juga merasa bersyukur ide tersebut mulai dapat dilaksanakan dan semoga bermanfaat bagi orang banyak. Dan semoga programnya juga bisa berjalan panjang tidak hanya sebatas sampai sini saja. Pihak lainnya yang juga turut hadir yaitu penerbit Al Quran Cordoba, ACT, dll.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Pak Farid yang merupakan perwakilan dari Cordoba. Beliau menyampaikan bahwa perbincangan mengenai waqaf tersebut sebenarnya sudah sejak akhir 2016 lalu. namun ternyata baru bisa direalisasikan saat ini. Beliau juga menjelaskan melalui waqaf ini, Gramedia juga membantu masyarakat yang sudah sejak lama ingin wakaf misalnya untuk menyalurkan bantuannya kepada orang lain yang membutuhkan. Penyaluran bantuan tersebut nantinya akan dibantu oleh lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Perwakilan ACT yang diwakili oleh Pak Adi juga menyampaikan bahwa ACT baru kali ini bekerja sama dengan sebuah lembaga atau perusahaan toko buku. Dan ternyata kerja sama dengan toko buku berupa wakaf Al Quran ini juga baru di Bandung saja. beliau juga menjelaskan sedikit mengenai ACT, dan program food truck yang baru saja dirilis oleh ACT. Hal tersebut membuat peserta terpana karena ACT menyediakan food truck yang membagikan makanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan dengan layanan dan chef seperti di hotel berkelas.

Salah satu penerima wakaf Al Quran yang hadir yaitu Komuji yang merupakan singkatan dari Komunitas Musisi Mengaji. Komunitas tersebut awalnya digawangi oleh para musisi yang ingin memperdalam ilmu mengaji. Tidak melulu dilakukan di masjid ternyata Komuji melakukan aktivitas serta kegiatannya di Café, kedai, atau di toko buku Gramedia sekalipun. Program yang telah berjalan diantaranya yaitu pertemuan mengaji yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali setiap hari Sabtu di salah satu kedai di daerah Dipatiukur. Komunitas ini juga terbuka dan bebeas dimana setiap orang yang ingin belajar dan sharing bersama diperbolehkan gabung untuk mengikuti kegiatan yang ada di Komuji tersebut.

Di penghujung acara, ternyata para peserta juga diberi hadiah sebuah Al Quran dari Cordoba. Al Quran tersebut berukuran sedang dan tentu saja sangat bermanfaat. Al Quran tersebut juga dilengkapi dengan blok blok yang memudahkan para pembacanya untuk menghafal Al Quran. Kami para perwakilan dari blogger bandung juga mendapatkan tambahan hadiah lainnya. Yaitu Al Quran berukuran sedang yang ternyata baru terbit bulan Mei ini. Tentu saja hal tersebut menjadi istimewa karena belum semua orang memiliki Al Quran tersebut. Selain ayat suci, Al Qurab tartil tersebut berisi penjelasan berbagai macam tajwid. Di setiap halaman AL Quran terdapat penjelasan tajwid dari potongan ayat yang dibaca dengan tanda tanda berwarna yang dirasa lebih memudahkan untuk pemula.
Pengalaman hadir di acara soft launching wakaf tersebut tentu menjadi pengalaman yang berharga. Selain ilmu yang didapatkan dari sambutan beberapapihak, tausyiah dari seorang ustad, dan hadiah 2 buah Al Quran aku juga jadi lebih paham arti dan makna berwakaf. Selain itu wakaf juga seolah tabungan jangka panjang untuk setiap manusia di akhirat nanti. Mengetahui berbagai macamkelebihan dari wakaf rasanya membuatku juga ingin menabung dan menyisihkan sebagian materi yang kumiliki supaya dapat kuwakafkan pada orang yang membutuhkan.

1 comment: