29 August 2021

Pentingnya Memahami Love Language dalam Hubungan Suami Istri


Hai, teman teman apa kabar?

Kali ini aku mau bahas tentang Love Language atau Bahasa Cinta. Apalagi akhir akhir ini Love Language juga ramai dibicarakan oleh banyak orang. Nah sebenernya segimana ngaruh dan pentingnya Love Language dalam sebuah hubungan sih? Kita bahas yuk!

Love Language adalah sesuatu yang penting dipahami untuk mengenal dan memahami satu sama lain dalam suatu hubungan. Baik hubungan persahabatan, persaudaraan juga dengan pasangan. Karena dengan memahami love language orang lain akan memudahkan kita untuk memahami dan mengerti bagaimana dalam bersikap ketika melakukan komunikasi.

Love Language terdiri atas 5 kategori, diantaranya yaitu Act Service, Gift, Physical Touch, Words Affirmation dan Quality time. Masing masing kategori ini memiliki pengertian dan sikap yang berbeda lho. Kita bisa mengetahui apa love language kita dari diri kita dengan melakukan test. 

Aku pernah beberapa kali melakukannya di 5lovelanguages.com dan hasilnya adalah Quality time. Jika ku perhatikan memang  aku suka menghabiskan waktu dengan orang orang terdekatku bersama seperti ngobrol, deep talk, jalan jalan berdua atau bersama keluarga dll. Aku merasa bahagia dan berharga ketika bisa menghabiskan waktu bersama sama.

Berbeda dengan suamiku, love languagenya adalah Word Affirmation. Dia akan merasa happy jika diberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukannya. Dia akan merasa bahagia jika dipuji maupun diberikan ungkapan kasih sayang. Mood dan harinya akan terasa baik jika aku memberikan kalimat yang baik juga untuknya.

Love Language lainnya yaitu Gift, dalam bahasa cinta ini sesorang akan merasa senang ketika mendapatkan hadiah. Apalagi diberikan surprise ketika hari hari tertentu dalam hidupnya maupun kejutan membahagiakan diantara hari harinya.

Love Language selanjutnya yaitu Physical Touch, nah untuk sesorang yang memiliki bahasa cinta ini biasanya menyukai sentuhan atau genggaman, atau sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas fisik. Aktifitas fisik yang dimaksu bisa jadi dicium, digenggam, dipeluk dll. Mereka akan merasa hangat dan dicintai jika diperlakukan seperti itu.

Adapaun Love Language yang terakhir yaitu Act of Service, biasanya seseorang yang memiliki bahasa cinta ini menyukai bantuan dari orang orang sekelilingnya. Bantuan tersebut bia berupa hal kecil maupun sesuatu yang besar. Hal sederhana seperti disiapkan pakaiannya, dibantu dalam kehidupan sehari hari seperti disuapi saat makan misalnya akan membuat seseorang berarti dan merasa dicintai.

Aku dan suamiku bersama sama mencoba test Love Language ini, setelah mengetahui hasilnya kami menyadari bahwa hal hal yang terlihat kecil sebenarnya berarti untuk kami. Komunikasi kami semakin lancar dan hubungan suami istri diantara kami semakin hangat rasanya. Tentu love language bukan satu satunya hal yang mendukung, tetapi kami mencoba lebih baik dalam hal memahami satu sama lain.

Begitulah sekilas mengenai info love language yang ku tahu yaaa.. Love Language teman teman apa nih?

1 comment:

  1. Love language ternyata bikin komunikasi dgn pasangan jd lebih lancar yah

    ReplyDelete