16 August 2021

Ayo Kita Berbagi dengan #SemangatIndonesia Wujudkan Senyum Bersama

Rumah Zakat merupakan suatu lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan dalam bidang zakat, infaq, sedekah serta dana sosial lainnya yang berpusat pada pemberdayaan masyarakat. Rumah Zakat juga berkomitmen untuk dapat berdiri menjadi sebuah lembaga yang terpercaya, profesional, progresif, dan menjalin hubungan kolaborasi ataupun kerjasama dengan berbagai pihak agar tercipta pemberdayaan masyarakat yang lebih tersebar dan merata di Indonesia.



Rumah Zakat sendiri telah berdiri sejak tahun 2018 dimana saat ini sudah lebih dari 35,5 juta penerima layanan manfaat yang diselenggarakan oleh rumah zakat. Pada tahun 2019 rumah zakat juga mencapai 500rb donatur dan memiliki 35 award terkait kegiatannya selama ini. Rumah Zakat juga memiliki banyak program pemberdayaan yang sudah terealisasikan. Program pemberdayaan tersebut terbagi ke 4 rumpun utama yaitu Senyum Juara yang fokus di bidang pendidikan, Senyum Sehat di bidang kesehatan, Senyum Mandiri bergerak di bidang ekonomi serta Senyum Lestari yang bergerak di bidang inisiatif kelestarian lingkungan.

Rumah Zakat juga memiliki Visi dan Misi yang jelas dalam mengelola kelembagaannya lho. Rumah Zakat memiliki Visi untuk menjadi Lembaga Filantropi Internasional berbasih pemberdayaan profesional. Visi tersebut didukung oleh berbagai misi yang hebat diantaranya berperan aktif dalam membangun jaringan filantropi internasional, memfasilitasi kemandirian masyarakat, serta mengoptimalkan seluruh aspek sumber daya melalui keunggulan insani.Rumah Zakat juga memiliki Corporate Value yang patut diacungi jempol. Diantaranya yaitu Trusted dimana semua kegiatan yang dilakukan dengan profesional, transparan dan terpercaya. Progressive dimana rumah zakat senantiasa melakukan inovasi dan edukasi untuk memperoleh manfaat yang lebih baik. Ada juga Humanitarian dimana rumah zakat dapat memfasilitasi segala upaya humanitarian dengan tulus secara universal atau umum kepada seluruh umat manusia. Dan nilai yang tidak kalah penting yaitu Kolaborasi dimana rumah zakat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk bahu membahu menciptakan dunia yang lebih baik.

Pandemi Covid 19 merenggut banyak jiwa dalam beberapa tahun terakhir ini. Bukan hanya kepergian tapi menyisakan duka dan luka bagi yang ditinggalkan. Jikapun tdak pergi, ujian masyarakat adalah harus bertahan dalam segala keterbatasan yang terjadi. Hal tersebutlah yang juga melandasi rumah zakat untuk meluncurkan gerakan #SemangatIndonesia untuk membantu sesama yang saling membutuhkan. Campaign ini terjalin oleh dukungan banyak pihak dimana semua pihak tersebut memiliki rasa optimis yang tinggi agar Indonesia bisa segara bebas dari bayang bayang virus corona.

Rumah Zakat juga resmi mendirikan crisis centre dalam rangka menyambut HUT RI ke-76 di hari Senin, 16 Agustus 2021. Gerakan #SemangatIndonesia Bersama Kita Hadapi Corona adalah sebuah sebuah gerakan membangun optimisme masyarakat bahwa suatu hari nanti Indonesia pasti bisa bebas dari Corona. Campaign #SemangatIndonesia ini juga ditandai dengan peresmian crisis centre rumah zakat yang berpusat pada pelayanan bagi masyarakat yang terdapat Covid 19. Adapun cara agar masyarakat bisa mengakses Crisis Centre tersebut dengan mengunjungi link linktr.ee/CrisisCentreRZ. 

Crisis centre rumah zakat memiliki banyak layanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Layanan tersebut diantaranya yaitu Ambulans gratis, pinjam tabung oksigen, Sembako Isoman, telekonsultasi, dan bantuan UMKM. Crisis Centre initidak serta merta dapat berdiri begitu saja. Ada campur tangan dan bantuan dari banyak pihak dalam bentuk kolaborasi. Hingga saat ini, Crisis Centre Rumah Zakat sendiri baru bisa melayani masyarkat yang terdampak pandemi di 10 Kota di Indonesia. Harapannya dengan dibukanya program ini akan banyak pihak pihak donatur lainnya yang turut serta terjun dalam campaign #SemangatIndonesia agar crisis centre bisa buka di kota lainnya di Indonesia.

Tidak hanya crisis centre, rumah zakat juga membuka program santunan Yatim dan Dhuafa lho. Program ini diutamakan untuk anak yatim yang ditinggalkan orang tuanya akibat Covid 19. Karena tidak sedikit anak anak yang kehilangan salah satu orang tuanya atau bahkan keduanya. Harapannya, dengan bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban yang sedang ditanggung. Bentuk bantuannya juga diberikan dalam berbagai macam bentuk bantuan diantaranya paket bantuan keluarga, santunan ataupun beasiswa.

Tidak hanya program santuan keluarga, rumah zakat juga fokus dalam memberikan bantuan atau stimulus ekonomi kepada para pelaku UMKM. Diantaranya dengan menyediakan sembako keluarga borong berbagi, dapur berdaya, hingga bantuan modal. Bantuan bantuan tersebut tentu dirasa sangat membantu dan bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang ada di Indonesia. Bahkan hingga saat ini ada sekitar 1.204 UMKM yang sedang didampingi oleh rumah zakat. Adapun sebanyak 2.243 UMKM dapat menerima manfaat dalam program Borong Berbagi. Program borong berbagi adalah sebuah kegiatan atau program dimana rumah zakat membantu memeli semua produk atau memborong hasil UMKM yang kemudian dibagikan kepada para pihak yang membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, hingga saat ini rumah zakat dan mitra dapat membantu 900rb lebih bahkan hampir 1jt penerima manfaat daam program respon covid-19 di 250 kota serta kabupaten yang tersebar di Indonesia. Jumlah relawan dalam program ini berkisar di angka 3.947 relawan.

Dana yang didapatkan dari rumah zakat adalah hasil dari relawan yang rela dan ikhlas menyalurkan sebagian hartanya untuk berbagi kepada sesama. Dalam Al- Quran Allah juga telah memerintahkan hambanya untuk mau berbagi. "Hai orang yang beriman, nafkahkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu." (QS. Al-Baqarah : 267) . Dalam ayat tersebut jelas sekali diceritakan bahwa harta yang kita miliki sebagainnya adalah milik orang lain.

Tahukah kamu? 2,5% adalah jumlah yang sedikit. Tapi kalau digabung jumlahnya jadi banyak dan punya manfaat. Jadi, ayo kita berbagi dalam campaign #SemangatIndonesia dengan membayar zakat, sedekah ataupun infaq dalam bentuk lainnya di https://www.rumahzakat.org/category/covid-19. Mari berbagi, mari saling membantu bahu membahu demi senyum masyarakat Indonesia. 



0 komentar:

Post a Comment