16 January 2018

PROSES PERPANJANG-an SIM di MOBIL SIM KELILING CIMAHI

Jadwal SIM keliling
Share Pengalaman.
Lima belas Januari kemarin, saya memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi yang saya miliki. Saya membuat sim pertama kali pada Januari 2013 lalu. Tapi, proses memperpanjang sim sudah saya lakukan 2 kali lho. Kok bisa? Soalnya Desember 2013 setelah beberapa bulan saya membuat sim pertama saya, saya kecopetan. Alhasil saya harus mengurus kembali surat dan kartu yang hilang termasuk sim. Proses pengurusan sim yang hilang hampir sama dengan proses perpanjangan sim. Back to topic, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan proses perpanjangan sim di Mobil Sim Keliling. Alasanya? Ingin tahu apa bedanya jika melakukan proses perpanjangan sim di Polres dan di Mobil Sim Keliling. Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya,

JADWAL PELAYANAN

  • Lokasi
Mobil sim keliling Polres Cimahi beroperasi di Alun Cimahi tepatnya di depan DPRD Kota Cimahi setiap hari SENIN dan KAMIS. Selain itu Sim Keliling juga beroperasi setiap hari JUM’AT di depan Mesjid Agung Lembang.

  • Waktu
Pada jadwal yang tertera, Mobil Sim Keliling mulai beroperasi pukul 08.00 wib.
Saat saya memperpanjang sim kemarin, mobil sim keliling baru tiba sekitar pukul 09.00 lewat (lupa lewat berapa) wib.
Kalau mau selesai lebih cepat, jangan antri jam segitu ya. Datang lebih pagi lagi. Karena nomor antrian sudah dibuka sejak pukul 06.00 wib. Apalagi jumlah masyarakat yang ingin memperpanjang sim di mobil sim keliling ‘katanya’ juga dibatasi jumlahnya.
Pengalaman saya kemarin, suami datang lebih awal untuk mendaftarkan nomor antrian saya dahulu. Kami kembali ke alun alun Cimahi pada pukul 08.00. Alhamdulillah dapet antrian nomor 20. Waktu saya baru datang antrian sudah sampai nomor 70an. Kebayang kan nunggunya akan lama kalau paginya ngga ambil nomor antrian dulu.

PERSYARATAN

  • Foto Copy E-KTP
  •  SIM Lama yang masih berlaku 
Kalau sim yang udah ngga berlaku atau telat perpanjangnya maka, proses perpanjangan sim tidak berlaku lagi. Masyarakat yang memiliki sim tetapi sudah lewat masa berlakunya harus membuat sim dari awal lagi seperti membuat sim baru. Dan hal tersebut TIDAK BERLAKU atau TIDAK DAPAT DILAKUKAN di mobil sim keliling. Karena mobil SIM KELILING hanya melayani proses perpanjangan SIM saja. Selain itu hanya SIM A dan SIM C yang dapat diperpanjang di Mobil Sim Keliling.
Kalau ngga ada e-ktp bisa pakai fotocopy surat keterangan (yang menyatakan kalau pembuat sim tersebut sudah melakukan perekaman e-ktp) Surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Duscapil). Jangan lupa bawa fotocopy kartu keluarga juga ya, soalnya NIP yang ada di surat keterangan itu disamain sama yang ada di kartu keluarga.

  • Surat Keterangan Permohonan
Buat yang mau memperpanjang sim tapi dari luar kota atau di luar daerah cakupan polresnya, harus menyertakan surat keterangan pendaftaran online dulu ya. Misalnya sim yang kamu buat di Polres Purwakarta, tapi kamu ngga sempet kesana dan mau memperpanjang sim di polres Cimahi. Kamu harus daftar dulu di http://sim.korlantas.polri.go.id nanti ada email yang bakalan dikirim ke kamu, print dan bawa waktu kamu mau memperpanjang sim tersebut ya. Kalaupun memperpanjangnya engga di Polres Cimahi-nya langsung (misalnya) di mobil sim keliling, harus tetep bawa surat pendaftaran online tersebut. Prosesnya juga gampang dan ngga ribet ko kayak isi formulir online pada umumnya. Menurut petugasnya, kalau kamu ngga daftar online dulu data kamu ngga bisa kebuka. Soalnya dari luar daerah. Kalau udah daftar online, bisa kebuka dan proses perpanjangan sim juga bisa dilakuin.

BIAYA

  • Rp. 150.000,- 
Lupa ngga nanya rincian biaya apa aja. Soalnya waktu bayar udah ada langsung petugasnya. Dia cuma bilang “bayar seratus lima puluh ribu” gitu aja.Tapi setelah ngobrol sih katanya biaya administrasi sama biaya tes kesehatan. Padahal enggak di cek juga kesehatannya kaya gimana.

Antrian

  • Habis daftar antrian di kertas yang ada di teteh teteh parkir depan alun alun Cimahi,peserta yang mau memperpanjang sim nya nunggu dulu. Nunggu mobil sim kelilingnya dateng.
  • Setelah mobilnya dateng, ada pengarahan sedikit dulu. Diantaranya tentang persyaratan proses perpanjangan sim keliling. Selain itu peserta seperti wanita hamil, wanita yang membawa anak bayi atau balita, dan peserta perpanjangan sim yang usianya diatas 60 tahun nomor antriannya didahulukan. Jadi peserta lainnya harus sabar kalau antriannya keselak sama yang prioritas itu.
  • Petugas absen sesuai nomor antrian yang udah ditulis sebelumnya. Peserta yang dipanggil menyerahkan persyaratan ke petugastersebut. Kalau persyaratannya kurang, boleh pulang dulu dan ambil kurangnya. Atau kembali lagi di lain hari.
  • Petugas lainnya memanggil peserta yang sudah menyerahkan persyaratan sebelumnya. Peserta diminta tanda tangan di formulir yang sudah disediakan. Disini peserta juga melakukan proses pembayaran dengan menyerahkan uang administrasi perpanjangan sim.
  • Jika sudah, peserta kembali menunggu untuk dipanggil kembali. Jika sudah dipanggil,peserta akan masuk ke mobil sim keliling. Didalam mobil, peserta akan di-foto, cap jempol dan juga tanda tangan.
  • Proses di dalam mobil sim keliling ini berlangsung singkat. Karena jika sudah melakukan 3 aktivitas tersebut, sim baru yang sudah diperpanjang masa berlakunya langsung jadi dan bisa langsung dibawa pulang.
  • Pengalaman saya kemarin, dengan antrian nomor 20, saya selesai pada pukul 10.30wib.
  Kelebihan SIM Keliling

  • Saya tidak perlu berkeliling dari tempat satu ke tempat lainnya. Karena waktu saya melakukan perpanjangan sim di Polres Cimahi, lokasi proses perpanjangan sim, tes kesehatan dan sidik jari berjauhan dan tidak di satu tempat. Meskipun mash di area lingkungan Polres Cimahi. (ini pengalaman tahun 2013 ya. Saya tidak tahu apakah saat ini prosesnya masih begitu (pindah dari satu tempat ke tempat lain))
  • Cukup membayar sekali saja, karena jika di Polres pembayaran tes kesehatan dan sidik jari juga terpisah.
  • Lebih dekat dari rumah dan terasa lebih mudah
 Kekurangan SIM Keliling
  • Jika datang tidak tepat wkatu bisa jadi nomor urutnya semakin besar maka waktu antri dan menunggunya akan semakin lama 
  • Petugas di sim keliling lebih sedikit dibandingkan di Polres, jadi wajar saja jika menunggu dan antrinya lebih lama
  • Tidak di cek kesehatan secara benar. Petugas hanya mengisi data berdasarkan informasi sim sebelumnya. Kalau di Polres biasanya di cek tekanan darah, berat badan, tinggi badan dan buta warna.
Kalau informasinya dirasa belum jelas, kamu bisa mengunjungi web http://sim.korlantas.polri.go.id atau http://www.simonlinesatlantaspolrescimahi.com/ untuk informasi lebih lanjut. Kamu juga bisa bertanya langsung melalui twitter ke akun @TMCpolrescimahi atau @Polres_Cimahi. Admin twitternya sering online, aktif, dan ngga sombong ngasih jawaban dan informasi yang dibutuhkan. O,ya tampilan Sim yang saya miliki sekarang juga terlihat lebih fresh karena format barunya lho.
Semoga informasinya bermanfaat ya, Terimakasih

Tampilan bagian belakang SIM baru
Tampilan bagian belakang SIM lama
Proses tanda tangan formulir dan pembayaran






10 comments:

  1. Antriannya di Malang juga membludak mbak. Sampai-sampai suami saya berangkat dari rumah jam setengah lima subuh ��

    ReplyDelete
  2. eleuh antriannya harus dari pagi ya teh teteh aja nomer 20 selesai jam 10.30 duh maenyak kudu nyubuh ke alun2 hahaha..tapi nuhun pisan teh infonya tahun depan aku mau perpanjangan :)

    ReplyDelete
  3. Antriannya emang edun yaaa huhuhuh

    ReplyDelete
  4. SIM aku tahun depan habis, siap-siap ah.. makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Aku ga punya sim. Udah banyak yang nyuruh belajar naik motor tapi selalu aja aku bilang ogah wkwkwk...

    ReplyDelete
  6. Waini, lumayan membantu banget ya ada ginian! Suruh ke Bandung timur lah, ky! Hihihi

    ReplyDelete
  7. wah aku bisa kasih tau temen aku nih kebetulan dia di cimahi rumahnya

    ReplyDelete
  8. Harus bawa surat keterangan sehat ga teh?
    Kk aja yg dbwa?

    ReplyDelete
  9. Lumayan walaupun antri tapi lebih cepat jadinya. Kalau di polres suka kehabisan blangko

    ReplyDelete