22 August 2017

Mempertahankan Kemerdekaan dan Kebhinekaan Bangsa Melalui Tulisan di Dunia Digital





Keberagaman yang ada di Indonesia menjadi isu yang sangat sensitif saat ini. Entah apa yang ada di pikiran masing masing masyarakat Indonesia. Seolah dengan mudah menerima dan menyebarkan sebuah berita. Meskipun berita tersebut memuat informasi yang dibutuhkan atau hanya untuk hiburan semata. Karena nyatanya tidak semua informasi yang didapatkan tersebut adalah suatu materi yang positif. Banyak juga masyarakat yang dengan mudah membagikan berita atau konten negatif di dunia digital.

 Foto: Pembawa Acara Flash Blogging

Sebenarnya apa yang mendasari seseorang dapat dengan mudah membagikan berita berita negatif sehingga berita positif di dunia digital menjadi mudah tenggelam? Penggunaan judul yang menarik atau penggunaan juduk yang click bait diduga menjadi salah satu alasannya. Selain itu ujaran ujaran kebencian yang dengan mudah disampaikan dalam materi tersebut juga seolah menjebak pembaca sehingga mudah terhasut. Padahal jika warga net mampu menggunakan internet dengan bijak dan mengerti apa itu etika berinternet maka kebhinekaan yang ada di Indonesia tidak dapat dengan mudah tergoyah dengan fitnah maupun kalimat kalimat provokasi.
 Foto: Kepala Dinas Kominfo Jabar yaitu Dr. Hening Widiatmoko, M.A

Peran blogger maupun content creator yang mengerti etika berinternet dengan baik agaknya mampu meredam penyebaran isu isu berita hoax yang selama ini tersebar. Penyaringan maupun filter yang dilakukan oleh diri sendiri kemudian dapat disampaikan juga terhadap keluarga, rekan kerabat, sahabat, dan warga net lainnya agar mereka juga bisa lebih baik dalam memanfaatkan dunia digital.

Penggunaan sosial media termasuk blog bisa menjadi sarana bagi seorang blogger maupun content creator untuk mneyebarkan kebaikan maupun materi positif terhadap orang lain. Materi yang didapatkan dari seminar, perkumpulan komunitas, maupun kegiatan yang diadakan oleh Kominfo misalnya dapat menjadi bahan materi yang bisa dikembangkan dan dibagikan kepada para pembaca. tidak hanya melalui tulisan saja, tapi melalui foto maupun video setiap orang juga bisa membuat dan membagikan konten positif untuk orang banyak.



 Foto: Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti

Membuat dan membagikan berita berita positif guna mendukung pemerintah dalam membasmi berita hoax bisa dimulai dari diri sendiri saat ini juga (bagi yang belum memulainya). Kamu juga bisa memulainya saat ini jika kamu sudah membaca tulisan ini. karena bahayanya berita hoax maupun berita negatif yang tersebar dapat memecah persatuan bangsa. Misalnya saja saat Pilkada ataupun Pilpres yang terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu. banyak sekali tersebar ujaran provokatif maupun konten negatif yang dibuat untuk saling menjatuhkan lawan politiknya. Bahkan keberagaman yang ada juga terus disinggung hingga saat ini. 
Foto: Narasumber Prof. Dr. H. Karim Suryadi, M.Si

Saat ini penggunaan internet dalam kehidupan sehari hari merupakan hal yang sangat wajar. Internet juga digunakan oleh banyak orang dalam hal komunikasi. Komunikasi dengan menggunakan internet juga banyak dilakukan melalui beragam aplikasi yang ada. Bahkan 97.4% penggunaan internet di Indonesia digunakan untuk sosial media. Setiap komunikasi di dunia digital tidak bisa ditarik kembali. Bahkan adanya klarifikasi bisa saja tidak terlalu penting. Oleh karena itu ada etika berinternet yang sebaiknya ditaati oleh setiap orang dalam menghadapi dunia digital. Sikap saling menghargai dan toleransi akan keberagaman yang ada di Indonesia tentu menjadi alasan utama perlunya menggunakan internet dengan bijak supaya bangsa Indonesia tidak mudah terpecah belah.

 Foto: Peserta Acara flash Blogging
Indonesia merupakan bangsa besar dengan segala keanekaragamannya di dunia. Indonesia menjadi salah satu Negara dengan ragam suku, kebudayaan dan agama. Indonesia juga terkenal dengan luas wilayahnya yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Keanekaragaman yang ada di Indonesia tentu menjadi sebuah kekayaan yang tak ternilai harganya. Namun, keanekaragaman tersebut juga dapat menjadi tantangan yang besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Sebagai seorang blogger yang tahu bagaimana cara membuat berita positif dan bagaimana cara menyaring berita negatif agar tidak mudah tersebar tentu menjadi salah satu tugas penting yang harus saya kerjakan. Membuat banyak berita positif dan menyebarkan materi materi maupun kiat bagaimana caranya menyaring informasi haruslah dikerjakan dengan baik supaya banyak juga pembaca yang tidak mudah terprovokasi akan berita berita negatif saat ini.

 Foto: Peserta Acara flash Blogging

Bagaimanapun, menjaga dan mempertahankan keutuhan kebhinekaan bangsa Indonesia memang bukan suatu hal yang mudah. Namun hal tersebut jugua tidaklah sulit jikan para blogger dapat bersatu dan melawan berita  berita hoax penuh provokasi yang saat ini mudah menyebar di internet. Bangsa Indoensia yang warganya mudah bersatu jika ada sesuatu yang mengganggu tentulah dapat bekerjasama  dengan baik dalam memberantas konten konten negatif.

#72 Tahun Memperkokoh Kebhinekaan Dalam Mengembangkan Negeri
##FlashBlog72RI

0 komentar:

Post a Comment