22 August 2017

Bagaimana Keadaan Dunia Digital di Indonesia Saat ini?


Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti dalam acara Flash Blogging 2017 di Hotel Holiday Inn, Bandung menyampaikan bahwa dunia digital di Indonesia sudah sangat banyak dan sibuk dalam setiap waktunya. Dalam 1 menit ada 500 tulisan yang diposting di Blog. Selain itu ada 10000 email dalam 1 menit yang saling berinteraksi setiap waktunya.

Materi di dunia maya saat ini lebih didominasi oleh informasi negatif, informasi positif banyak juga tapi tenggelam. Karena banyak beredar berita hoax, fitnah, caci maki juga pimpinan. Sepanjang tahun 2016 lalu Kominfo memblock 800rb situs. Web atau blog atau portal yangbertentangan dg undang undang, penipuan, radikalisme, ujaran kebencian ke pemimpin, ke sesama dengan unsur sara.

Kominfo ada kegiatan monitoring isu. Kominfo bisa melacak dan melihat pembicaraan masyarakat melalui tracking. Contohnya ketika pilkada DKI, ada polarisasi banyak isu dan berita negatif di dunia digital.

Di acara flash blogging ini semoga banyak tulisan yang memuat nasionalisme. Dimana Indonesia memang terdapat banyak keragaman yang telah disatukan oleh 4 pilar kebangsaan. Yaitu UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila dan NKRI. Sehingga masyarakat harusnya lebih sadar akan keberagaman yang ada di Indonesia.

Salah satu alasan Telegram di blokir beberapa waktu lalu, karena ditemukan banyak materi mengenai kebencian dan radikalisme yang negatif. Diantaranya ajakan ajakan terorisme yang disebarkan didalamnya. Banyak masyarakat Indonesia yang terjaring didalamnya. Materi berupa rakitan bom, dimana dan siapa yang akan meledakkan bom tersebut juga disebut sebut ada dalam portal tersebut.

Berita hoax yang banyak beredar di dunia digital bukan semata tersebar dengan gratis begitu saja. Karena para pembuat berita maupun materi hoax juga mendapatkan bayaran dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Jumlahnya juga tidak sedikit bahkan hingga 600 juta rupiah penghasilannya dari pembuatan berita hoax tersebut. Tetapi akankah berita hoax terus menyebar karena pembuatnya bisa terus merasakan uang yang didapatkan dari keributan yang terjadi?

Akankah kita sebagai warga Indonesia rela dipermainkan oleh berita hoax dan konten negatif dalam waktu yang lama? Ayo sama sama memberantas dan menghentikan penyebaran berita hoax dan berita negatif yang saat ini sudah tersebar luas!

#FlashBlog72RI 

0 komentar:

Post a Comment