23 July 2017

Bagaimana menjadi Warga Net yang Baik dalam Memanfaatkan TIK?

Kamis, 20 Juli 2017 kemarin saya berkesempatan hadir dalam acara Pembukaan Pembinaan Komunitas Relawan TIK Kota Bandung dengan Tema “Peran Warga Net Dalam Pemanfaatan TIK”. Acara yang digelar di Prime Park Hotel tersebut dihadiri oleh para peserta yang berasal dari Relawan TIK, Himpunan Mahasiswa universitas, serta komunitas komunitas yang ada di Bandung dan sekitarnya. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan agar terjalinnya komunikasi yang baik antara Relawan serta Diskominfo Kota Bandung.

Terdapat 2 pemateri yang sama sama menyampaikan materi penting mengenai pemanfaatan TIK dalam kehidupan sehari hari. Materi pertama dibawakan oleh Moch Latif Faidah atau yang akrab disapa Kang Latif selaku Ketua Relawan TIK Kota Bandung. Beliau menyampaikan materi mengenai Etika Berinternet. Pemateri kedua yaitu Mario Davys atau sering disapa dengan panggilan Kang Mario selaku Ketua Relawan TIK Cianjur yang menyampaikan materi mengenai Personal Branding untuk Warga Net. Kedua materi tersebut dibawakan secara sistematik dan menyenangkan sehingga para peserta dapat menyimak materi dengan baik.
Beragam materi baru yang dibawakan keduanya tentu memberikan informasi tambahan bagi para peserta yang hadir dalam acara tersebut. Beberapa poin materi yang disampaikan oleh Kang Latif diantaranya yaitu mengenai penjelasan etika berinternet kemudian pemaparan mengenai alasan etika berinternet tersebut merupakan hal yang penting. Salah satu alasan mengapa dibutuhkan etika dalam berinternet yaitu terkadang komunikasi yang dianggap wajar oleh diri sendiri belum tentu dianggap wajar oleh orang lain. Selain itu ada juga tips keren dalam berinternet sebagai warga net yang baik.

Adapun materi yang disampaikan oleh Kang Mario yaitu mengenai personal branding untuk warga net. Dimana internet saat ini dapat dimanfaatkan untuk membentuk maupun memperkenalkan personal branding seseorang di dunia maya yang dapat menunjang karir, profesi maupun usaha di kehidupan nyata. Karena personal branding dapat menjadi hal yang penting dalam kehidupan seseorang. Namun perlu diketahui personal branding seseorang dapatdikenal dan dinilai oleh orang lain ketika orang tersebut telah membangun reputasinya. Sehingga mau dikenal dan dipresepsikan seperti apa kita tergantung bagaimana kita membangun reputasi tersebut.

Materi mengenai etika berinternet yang baik serta materi mengenai personal branding yang disampaikan tentu dapat menjadi materi yang dapat diterapkan warga net dalam kehidupan sehari hari. Jika etika berinetrnet dilaksanakan dengan benar maka personal branding di dunia maya sedikit demi sedikit juga dapat terbentuk dengan baik pula. Warga net tinggal menentukan ciri khas apa yang akan ditonjolkan supaya personal branding dalam dirinya dapat diketahui dan dipercaya oleh orang lain.

0 komentar:

Post a Comment