12 April 2016

Situ Cisanti

Situ Cisanti yang jadi titik 0 kilometer sungai Citarum. Waktu habis jalan jalan kesana, sempet bikin artiket di detik travel. Bisa baca tulisannya atau fotonya disini yaa..
((http://m.detik.com/travel/read/2016/01/21/135000/3119570/1025/ ))

detikTravel Community -


Mau melihat hulu Sungai Citarum? Datanglah ke Situ Cisanti di Bandung yang merupakan kawasan titik 0 km Sungai Citarum. Tempatnya asri dan sejuk lho!

Situ Cisanti lokasinya di kaki Gunung Wayang. Rute perjalanan yang dilalui dari Bandung ke arah Soekarno Hatta kemudian Ciwastra, lanjut ke arah Ciparay dan Pacet kemudian Cibeureum serta Kertasari. Jalan yang dilalui cukup bagus dan beraspal.

Namun memasuki daerah Pacet ke Cibeureum dan Kertasari, jalan mulai menanjak terus dengan pemandangan perkebunan warga. Waktu perjalanan yang ditempuh kurang lebih 2 jam menggunakan sepeda motor. Petunjuk jalan yang mengarah ke Situ Cisanti memang minim, tetapi traveler bisa mengandalkan GPS di ponsel.

Situ Cisanti yang merupakan hulu atau titik 0 kilometer Sungai Citarum. Situ Cisanti memiliki luas sekitar 5 hektar di lahan yang merupakan kawasan Perhutani, dengan ketinggian 1.500-3.000 mdpl.

Situ Cisanti juga dikelilingi pepohonan tinggi yang menambah sejuk suasana di sana. Tiket masuk Situ Cisanti cukup terjangkau yaitu Rp 10.000 dan tiket parkir kendaraan roda 2 Rp 3.000.

Di Situ terdapat dermaga kecil yang menjadi favorit traveler. Selain itu, tulisan besar 0 kilometer di seberang situ yang menambah objek keindahan situ.

Situ Cisanti juga sering dimanfaatkan warga untuk memancing dan berenang bagi anak anak kecil di bagian pinggirnya. Situ Cisanti juga memiliki fasilitas umum yang baik, di antaranya toilet dan musala.

Ada warung yang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung. Tapi tidak sedikit pengunjung yang membawa bekal sendiri dan makan bersama kerabat ditepi Situ Cisanti yang sejuk dan punya latar pemandangan indah.

0 komentar:

Post a Comment