04 April 2019

Review Spectra 9+

Beberapa waktu lalu, aku sempat dibuat bingung untuk membeli breast pump. Apakah aku akan mebeli breas pump manual atau elektrik. Setelah mencari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan kedua jenis breast pump ini akhirnya ku putuskan untuk membeli breast pump elektrik.

Setelah memutuskan untuk membeli breast pump elektrik, bimbangku kembali lagi. Banyak sekali merk breast pump elektrik yang ada dan semuanya memiliki keunggulannya tersendiri. Akhirnya, setelah pertimbangan yang cukup matang aku memutuskan untuk membeli breast pump merk Spectra seri 9+

Banyak sekali alasan yang akhirnya membuatku menentukan pilihan untuk membeli breast pump ini. Karena nyatanya harga breast pump elektrik jauh di atas harga breast pump manual. Sehingga aku begitu selektif memilih breast pump mana yang akan ku gunakan. Statusku sebagai ibu yang bekerja juga menjadi salah satu alasanku untuk membeli breast pump elektrik. Sehingga aku bisa pumping dengan waktu yang lebih singkat dan tidak memerlukan banyak tenaga ketika di kantor.


Berikut ini adalah deskripsi dari breast pump Spectra 9+

Model : Spectra 9+
Protection type : Class II
Input : DC 9V
Weight : 280 g
Battery : 7.4 V 900mAh
Applied Part type : Type BF
IP Classification: IP 22
* Features
Not made with BPA
Rhythmic Suction
Massage Mode
Variable Suction
Dual Pumping
Back Flow Protection
Timer (30 Minutes)
10 Suction Level
2 years Garansi ( 1 tahun garansi mesin & jasa service) (2 tahun garansi jasa service)

Review
Dalam kemasan dus Spectra 9+ aku mendapatkan beberapa produk diantaranya yaitu mesin spectra 9+, charger, 2 botol, 2 tatakan botol, 2 corong, 2 tutup cone, 2 cover botol, 2 nipple, 3 valve, 2 tutup botol tanpa nipple, 2 selang, 2 backflow protector serta tuas manual. Spectra 9+ dapat digunakan dengan cara dual pumping. Selain itu aku juga tidak khawatir Asi akan masuk ke mesin karena ada teknologi backflow protection dari Spectra 9+ ini.

Aku menggunakan breast pump Spectra 9+ sejak bulan Oktober 2018. Berarti kurang lebih sudah hampir 6 bulan aku menggunakan breast pump tersebut. Awalnya aku merasa kesulitan untuk menggunakan breast pump elektrik. Penempatan payudara yang terasa sulit dan kurang pas membuat proses pumping tidak nyaman. Namun hal ini tidak berlangsung lama. Spectra 9+ yang juga dilengkapi breast pump manual di dalamnya sangat membantu sekali. Jadi aku belajar menggunakan breast pump terlebih dahulu sebenarnya karena belum terbiasa melakukan pemompaan asi sebelumnya.

Setelah bisa menggunakan breast pump manual yang terdapat di Spectra 9+ aku mencoba kembali menggunakan breast pump Spectra 9+ yang elektrik dan ternyata pemompaan bisa dilakukan lebih mudah. Tapi tentunya hal ini tidak terjadi pada semua ibu ya. Karena banyak juga ibu ibu yang dengan mudah bisa langsung menggunakan breast pump elektrik tanpa harus menyesuaikan dengan breast pump manual terlebih dahulu sepertiku. Tapi ada juga yang memang tidak cocok menggunakan breast pump manual sehingga lebih memilih melakukan pemompaan dengan breast pump manual atau dengan teknik marmet yaitu memerah dengan tangan.

Aku jatuh hati dengan Spectra 9+ selain karena fungsinya breast pump elektrik ini memiliki banyak keunggulan. Bentuknya yang kecil dan mungil membuat breast pump ini mudah dibawa kemana mana dan tidak memerlukan banyak tempat. Suara Spectra 9+ ketika pumping juga tidak berisik dan mengganggu. Beberapa kali aku mencari informasi youtuber yang membandingkan Spectra 9+ dengan merk lainnya. Dan hasilnya suara dari Spectra 9+ tidak berisik dan tidak keras seperti breast pump elektrik lainnya.

Spectra 9+ memiliki hisapan yang kuat namun tidak membuat PD merasa sakit. Hal ini dikarenakan corong yang terdapat pada Spectra 9+ memiliki ukuran yang pas bagi setiap ibu. Ukuran corong Spectra 9+ yang tersedia juga ada berbagai macam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran pangkal corong dan mulut corong Spectra 9+ memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda sehingga tidak menyebabkan puting ibu lecet ataupun perih.

Spectra 9+ juga dilengkapi dengan mode massage dan mode expression. Mode massage digunakan ketika ibu memulai proses pumping yang kemudian dilanjutkan dengan mode expression dimana hisapannya lebih kuat. Spectra 9+juga bisa menyesuaikan kekuatan hisapannya karena terdapat level pada setiap modenya. Pada mode massage levelnya bisa diatur antara level 1 - 5. adapun pada mode expression bisa diatur dari level 1 - 10.

Keunggulan lainnya dari breast pump Spectra 9+ ini yaitu adanya petunjuk waktu penggunaan breast pump. Sehingga, ibu dapat mengetahui waktu yang sudah digunakan ketika melakukan proses pemompaan. Breast pump Spectra 9+ juga akan berhenti secara otomatis ketika sudah mencapai waktu 30 menit.

Spectra 9+ dilengkapi dengan baterai 900mAh yang menurutku cukup, Aku biasanya mengisi baterai 1 kali dalam sehari. Dimana dalam sehari aku melakukan proses pumping sebanyak 6 -7 kali dan setiap pumping aku bisa menghabiskan waktu selama 30-40 menit. Hal ini tentu sangat membantuku ketika harus pumping di kantor atau dalam perjalanan karena baterai breast pump Spectra 9+ terbilang awet ketika digunakan.

Harga dari Spectra 9+ ini berkisar antara 1 sampai 2 jutaan. Sebelum membeli aku sempat mengecek ke beberapa toko offline dan online. Harga yang tertera juga berbeda beda. Misalnya di salah satu toko offline baby shop terkenal di Bandung, harga breast pump Spectra 9+ bisa mencapai 2 jutaan. Alhamdulillah aku mendapatkan harga breast pump Spectra 9+ dengan harga 1.7jutaan di online shop. Awalnya aku sempat ragu untuk membeli breast pump di toko online, namun setelah melihat review toko tersebut aku percaya. Kebetulan juga online shop tersebut berada di dekat rumahku dan penjualnya juga cukup ramah serta amanah.

Garansi yang dicantumkan pada produk juga sesuai dengan deskripsi yang ada. Selain itu, customer service dari Spectra juga ramah dalam melayani keluhan pelanggannya. Sekedar informasi, alamat dari service center Spectra Indonesia berada di alamat berikut ini :
Rukan Puri Mutiara Blok D no 109, Jalan Griya Utama RT.4/RW.18, Sunter Agung - Kemayoran, RT.2/RW.5, Sunter Agung, Tanjung Priok, North Jakarta City, Jakarta 14350



18 comments:

  1. Bermanfaat bgt infonya, aku bisa recomendasiin ini nih buat temen2 :)

    ReplyDelete
  2. Ga salah pilih teh salah satu yg terbaik dan fav ya spectra ini hihi

    ReplyDelete
  3. Catet dulu ah. Siapa tau next time butuh. Biar nabungnya dr skg. Hhi

    ReplyDelete
  4. waah informatif banget, bisa di suggest buat temen nih bntr lg mw lahiran

    ReplyDelete
  5. Wah bagus niy...ada macam2 ukuran corong yaa dan irit baterai juga...mantabs 👍👍👍

    ReplyDelete
  6. Nice bgt kak informatif tp aku g ngerti kenapa belum bisa nyaman pake merk apapun huhu sedih.. klo spectra yg ini emang blm coba sih jd pengen coba siapa tau jodoh hehe

    ReplyDelete
  7. Ini mesin nya berisik ga ya? Aku pernah pake breast pump merk lain dan itu berisik bgt, jadi kalau mau pumping harus jauh2 dr bayi kl bayi nya tidur.
    Btw, selamat mangASIhi yaa

    ReplyDelete
  8. Wah ini bermanfaat banget bakal aku rekomendasi ke kaka ipar aku nih

    ReplyDelete
  9. Menarik juga yaa breast pump elektrik ini wajib direkomendasiin

    ReplyDelete
  10. ini sih sangat mempermudah ibu menyusui teh

    ReplyDelete
  11. aku dulu juga pake breast pump elektrik teh, alhamdulillah sampai 22 bulan. Selamat meng-ASI-hi ya teh

    ReplyDelete
  12. Aku juga pernah pakai ini, enak banget dipakainya. Bisa dibawa kemana-mana lagi. Simple

    ReplyDelete
  13. Aku ngebayangin yang manual aja kadang suka ngilu teh..gimana yang elektrik:)
    Thanks rekomendasinya teh untuk ibu bekerja ini lebih travel friendly aih gaj ribed diibawa

    ReplyDelete
  14. wah ini cocok buat kado yang baru lahiran

    ReplyDelete
  15. Waktu itu ak galau antara spectra ini n unimom. Akhirnya pilih unimom. Tp baca2 review spectra kayanya emang kece banget ya

    ReplyDelete
  16. Jadi bisa setting waktu pemompaan ya teh? Praktis banget. Ditandain dulu deh, karena suatu hari pasti butuh :)

    ReplyDelete
  17. ini bisa jadi rekomendasi buat kaka aku nih yang bentar lagi mau melahirkan

    ReplyDelete