24 March 2019

Hati Hati dalam Menjaga Emosi



Emosi yang naik turun kerap terjadi pada semua orang. Emosi bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu. Dapat dijumpai dimana saja tanpa mengenal tempat. Bahkan bisa terjadi kepada siapa saja tanpa mengenal rupa. Emosi yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan efek negatif bagi banyak orang dan tentunya hal tersebut sngat merugikan.

Jika tidak pandai mengelola emosi yang ada dalam diri, bukan hal yang mustahil hubungan silaturahmi yang sudah lama terjalin bisa putus begitu saja. Bagaimana tidak, ketika tengah emosi biasanya seseorang akan kehilangan kendali karena tidak mampu mengelola emosinya dengan baik. Akibatnya, pikiran serta ucapan yang terlontar biasanya tak sesuai. Kebanyakan orang tak mampu menjaga ucapan serta perbuatannya dengan baik ketika emosinya tengah memuncak karena tak dapat mengelola emosi tersebut dengan baik. Penyesalan akibat emosi yang telah ditimbulkanpun biasanya muncul belakangan.

Oleh karena itu penting sekali bagi setiap orang untuk dapat menjaga dan mengelola emosinya dengan baik. Supaya hal hal negatif yang timbul bisa disalurkan dengan energi yang lebih positif agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Tentu bukan hal yang mudah menjalin silaturahmi kembali dengan orang yang sudah tersakiti hatinya ketika sedang emosi. Lalu bagaimana caranya agar ketika emosi tersebut datang kita bisa meredam efek negatif yang ada?

Tentu bukan hal yang mudah mengatasi hal tersebut, tapi bukan berati tidak bisa ya. Kondisi mood setiap orang tentu berubah setiap harinya. Kita tidak tahu apa yang telah terjadi pada orang lain di hari tersebut ataupun kemarinnya. Kita tidak bisa sepenuhnya mengerti apa yang telah mereka alami sehingga menjaga emosi dalam suatu hubungan amatlah penting sekali. 

Kunci dari menjaga emosi agar emosi yang kita miliki tidak terungkap dalam sesuatu yang negatif adalah Belajar. Ya, kita harus sering dan selalu belajar mengelola emosi yang ada dalam diri. Belajar mengenal situasi ketika emosi daang menghampiri. Belajar mengendalikan diri ketika emosi datang dari orang lain secara tiba tiba. Belajar mengendalikan serta mengelola informasi dengan baik supaya kita tidak ikut terbawa emosi ketika menghadapi situasi dan kondisi yang penuh emosi di sekitar kita.

Jangan terburu buru dalam menjawab ketika ada orang emosi dan menyudutkan kita dalam suatu perkara. Cermati dan maknai setiap katanya dengan baik. Jangan menjadi perasa yang amat dalam, mungkin yang menurut kita terdengar keras adalah suatu hal yang biasa baginya. Sehingga kita kaget dan tersulut emosinya padahal orang lain tak bermaksud seperti itu terhadap kita. Begitu juga sebaliknya, cobalah kendalikan nada bicara kita ketika tengah berbicara dengan orang lain. Hal yang menurut kita biasa bisa terdengar keras bahkan menyakitkan bagi orang lain. Padahal hal tersebut terjadi secra tidak sengaja bukan?

Tidak sedikit bukti dari lalainya seseorang dalam menjaga emosi yang berujung dengan pemutusan silaturahmi atau saling menyakiti. Dampaknya sangat besar dalam kehidupan karena bisa juga berujung pada tindakan kasar maupun kekerasan seseorang dan parahnya bisa berujung pada kematian. Seram sekali. 

Pokoknya, hati hati dalam menjaga emosi! Supaya kita semua tidak mudah diberdaya oleh sesuatu yang negatif. Biarpun sulit, namun kita harus yakin dan percaya kita bisa melakukan yang terbaik demi menjaga silaturahmi tetap berjalan dengan baik adanya.

15 comments:

  1. Ini setuju bgt teh, kadang sadar ga sadar ya emosi itu penting bgt dijaga.

    ReplyDelete
  2. Kalo aku tipe orang yg mengalah dan terima aja hahaha jarang emosi tapi ya krn di pendem jadi sekalinya keluar ya serem 😂😂

    ReplyDelete
  3. Makasiiihh udah diingatkan...penting banget inii urusan menjaga emosi biar terhindar dari semua efek negatif dan silahturahmi pun tetap terjaga yaa 👍👍

    ReplyDelete
  4. Setuju banget teh...karena nahan emosi adalah salah satu hal yg paling sulit dilakukan. Need training a lot ♥️

    ReplyDelete
  5. Semangat teh...
    Btw sepakat banget sama tulisannya. Mentok2 dibawa nangis dan tidur aja daripada lelah. Hikw

    ReplyDelete
  6. aku tuh kalo emosi biasanya diem seribu bahasa haha, salah satu cara juga biar ga keluar kata2 yang aneh dan malah bikin penyesalan nantinya

    ReplyDelete
  7. Nah bener banget kalo ga pandai menjaga emosi duh bisa-bisa kita dijauhin yah. Apalagi kalo ampe pemutusan silaturahmi. Naudzubillah. Semoga kita diberikan hati yang lapang dan banyak diberi kesabaran yah

    ReplyDelete
  8. yup mbak, bener banget. pengendalian emosi ini wajib dikuasai oleh kita semua. menyalurkan emosi dengan cara yang bijak

    ReplyDelete
  9. tips ini aku akan coba soalnya aku emosian mksnya sharingnya

    ReplyDelete
  10. harus sering latihan otak dan game yang bisa mengendalikan emosi salah satu contoh nya untuk belajar mengedalikan emosi

    ReplyDelete
  11. Ini nih PR saya banget. Gak pernah bisa lulus aja nahan emosi. Apalagi kalo di rumah. Sama anak-anak. Duh... ihiks. Kudu banyak2 sabar.

    ReplyDelete
  12. duh, aku paling susah menjaga emosi..
    kalau kata orang sunda mah teu kaopan. jadi gampang marah orangnya gabisa kontrol emosi

    ReplyDelete
  13. Ak kalo emosi biasanya jadi diem dan males ngomong. Tapi biasanya ga lama bakal biasa lagi :-D

    ReplyDelete
  14. setuju banget, aku juga lagi belajar mengatur emosi, cuma ya belajarnya seumur hidup :)

    ReplyDelete
  15. Iyahhh nich,anger managementquw kadng jelek ini,apalagi pas ke anak,hiks..

    ReplyDelete