17 September 2017

Mari Kenali Potensi Bencana Melalui Aplikasi MAGMA Indonesia!


Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) berhasil menciptakan dan mengembangkan aplikasi teknologi yang banyak sekali manfaatnya. Aplikasi yang diberi nama MAGMA Indonesia tersebut guna meningkatkan mitigasi kebencanaan geologi. MAGMA sendiri merupakan singkatan dariMultiplatform Application for Geoharzard Mitigation dan Asessment. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi banyak pihak serta masyarakat karena didalam aplikasi tersebut berisikan informasi dan rekomendasi mengenai kebencanaan geologi diantaranya yaitu gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah. Dimana informais tersebut disajikan secara update dan dapat dipertanggungjawabkan informasinya.

MAGMA Indonesia mulai diciptakan sejak tahun 2015 lalu, meskipun masih terbilang baru tetapi pengakuannya di dalam dan luar negeri sudah nyata dan juga banyak mendapat penghargaan. Penyebaran informasi mengenai MAGMA Indonesia dilakukan melalui berbagai media dan sosialisasi yang salah satunya dilaksanakan pada 14 September 2017 lalu. Pada acara sosialisasi tersebut dijelaskan juga mengenai pentingnya dan cara penggunaan serta konten yang ada dalam aplikasi tersebut.

Aplikasi MAGMA Indonesia juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah melalui Kementerian ESDM. Aplikasi ini sebagai bentuk dan wujud nyata agar masyarakat mendapatkan informasi jelas mengenai potensi bencana serta kejadian bencana yang ada di Indonesia secara update.

Saat ini seringkali beredar informasi bencana yang terkadang membuat banyak orang bingung mengenai kebenarannya. Dengan hadirnya MAGMA Indonesia yang memiliki keakuratan data serta update data yang juga cepat jika terjadi bencana maka masyarakat bisa mendapatkan informasi yang jelas tanpa kebingungan lagi. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses informasi mengenai status gunung api yang ada di Indonsia. Hal tersebut tentu menjadi informasi yang sangat penting aplagi bagi para pecinta alam yang ingin mendaki.

Kelebihan lainnya, selain mendapatkan informasi masyarakat juga bisa melaporkan potensi bencana maupun kejadian bencana yang dialaminya melalui MAGMA Indonesia. Hal ini tentu sangat berarti bagi para petugas supaya informasi yang dirasakan oleh masyarakat di daerah tersebut bisa cepat ditanggapi maupun ditanggulangi jika memerlukan bantuan. Meskipun semua masyarakat bisa melaporkan informasi tersebut bukan berarti MAGMA Indonesia tidak memfilter berita yang ada. Oleh karena itu MAGMA Indonesia bisa menjamin keakuratan data yang disajikan karena memang sudah melalui prosedur dimana data tersebut diverifikasi dan divalidasi oleh pejabat terkait.

MAGMA Indonesia hadir dalam aplikasi berbentuk Web juga aplikasi Android dimana didalamnya terdapat menu utama aplikasi yang menampilkan informasi Laporan Aktivitas Gunung api, VONA (Volcano Observation Notice for Aviation), Informasi Gempa bumi, Laporan Tanggapan Pergerakan Tanah, serta Press Release. Dalam laporan aktivitas gunung api, masyarakat bisa mengetahui informasi dan ststua gunung api yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Dalam menu VONA terdapat informasi mengenai abu vulkanik gunung api yang berbentuk laporan. Informasi penting ini sangat membantu penerbangan yang ada di Indonesia.

Pada menu Informasi gempa bumi masyarakat bisa mendapatkan berita tentang kejadian gempa bumi yang terjadi di  Indonesia. Sehingga jika terjadi gempa masyarakat bisa mengetahui secara pasti gempa yang terjadi tanpa takut informasi yang didapatkan adalah salah. Masyarakat juga bisa melaporkan apabila merasakan gempa terjadidi sekitar lokasinya. Pengguna akan mengisi sejumlah pertanyaan mengenai kejadian gempa yang dirasakan. Adapun dalammenu Press Release pengguna akan mendapatkan informasi mengenai bencana geologi yang ditampilkan dalam bentuk lengkap.

Menu lainnya juga menunjukkan peta dimana didalamnya terdapat informasi mengenai kawasan rawan bencana yang ada di Indonesia. Indonesia sendiri adalah negara yang rawan bencana karena terletak diantara 3 lempeng tektonik dunia sehingga dikenal dengan Pasific Ring of Fire.

Adanya aplikasi MAGMA Indonesia diharapkan masyarakat mengetahui potensi bencana yang ada di sekitarnya dan menjadi lebih waspada serta mengetahui langkah pasti apa yang akan diambil ketika terjadi bencana di wilayah tersebut. Berbagai informasi yang ada dalam MAGMA Indonesia juga memudahkan masyarakat dalam mengetahui informasi bencana yang ada di Indonesia dimana beritanya jelas akurat dan update setiap waktu.

0 komentar:

Post a Comment