18 August 2018

Nikmati Alam, Cara Terbaik Menghabiskan Liburan di Bandung

Bicara tentang tempat wisata di Bandung tidak akan bisa lepas dari pesona alamnya yang luar biasa. Udara sejuk dan pemandangan nan hijau menghampar di depan mata, membuat liburan dengan menikmati alam adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu di Bandung.

Baru pertama kali ke kota ini dan belum tahu mau ke mana? Beberapa tempat ini paling banyak dicari di situs Traveloka dan bisa jadi ide buat liburan kamu di Bandung nanti. Mana saja, simak di sini yuk…

1. Kawah Putih
foto:tripcanvas.com
Kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini berlokasi di Ciwedey, Bandung. Warna putih yang ada di tempat ini adalah efek dari bebatuan dan unsur kimiawi. Sementara warna airnya berubah-ubah, sesuai dengan unsur kimia yang terkuat pada momen tertentu.
Saking cantiknya, Kawah Putih sudah tidak terhitung berapa kali jadi lokasi syuting film atau video klip. Tempat ini juga selalu ramai dengan para pengunjung yang melakukan sesi pemotretan prewedding.

2. Situ Patenggang
foto:bridestory.com/gofotovideo
Danau yang dikelilingi dengan pepohonan nan menghijau ini berada tak jauh dari Kawah Putih, yaitu di kawasan Ciwedey. Kamu bisa mampir ke danau ini jika memang sedang berkunjung ke Kawah Putih. Setelah menikmati udara dingin menggigit di kawah, santailah sejenak di tepi Situ Patenggang yang tenang.
Selain bersantai, kamu juga bisa menikmati serunya naik perahu keliling Situ Patenggang. Jika lelah, ada banyak penginapan di sekitar danau yang bisa disewa untuk memulihkan tenaga.

3. Tangkuban Perahu
foto:dictio.id
Tidak hanya Kawah Putih yang memesona, Bandung juga punya Gunung Tangkuban Perahu yang elok. Memiliki ketinggian 2.084 mdpl, tempat wisata di Bandung ini selalu memiliki udara yang sejuk. Kawahnya ada beberapa, namun tidak semua bisa dikunjungi oleh wisatawan.
Karena suhu di puncak Tangkuban perahu cukup menggigil. Pastikan untuk membawa baju hangat yang cukup jika berniat untuk liburan di tempat wisata di Bandung ini. Namun dinginnya udara di sini akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang kamu dapatkan di sana.

4. Curug Pelangi 
foto:kodesjabar.com
Kalau kamu liburan di Bandung Barat, tempat wisata alam yang tak boleh dilewatkan adalah Curug Pelangi atau yang dikenal juga dengan Curug Cimahi. Air terjun yang berlokasi di Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cuisarua ini memiliki sumber yang sangat jernih dan sangat dingin. Di sekitarnya pepohonan masih terjaga kelestariannya, membuat lingkungan sekitar Curug Cimahi terasa sejuk meski matahari telah tinggi di atas kepala.
Tinggi air terjunnya sendiri kurang lebih 84 meter, dengan aliran air yang cukup deras. Selain bisa dinikmati di bawah air terjunnya langsung, Curug Cimahi juga bisa dinikmati dari puncak tebing di sampingnya, dengan pemandangan yang tak kalah indah dari bawah.

5. Arung Jeram Cikapundung
foto:netz.id
Menantang adrenalin dengan menumpang perahu menelusuri Sungai Cikapundung bisa jadi alternatif liburan yang sayang untuk dilewatkan. Pemula ataupun professional, sama-sama bisa menikmati serunya arung jeram di tempat wisata di Bandung ini.
Jika berangkat berombongan bersama teman, arung jeram di Sungai Cikapundung bisa jadi alternatif liburan yang seru. Diawali dari Kampung Padi, arung jeram di sungai ini akan berakhir di kawasan Sabuga.

6. Gunung Putri, Lembang
foto:phinemo.com/muhammad iqbal
Tempat terbaik menikmati indahnya matahari terbit di Bandung adalah dari puncak Gunung Putri, Lembang. Tempat ini juga jadi spot sempurna buat kamu yang suka melihat hamparan kerlip lampu di malam hari. Bandung terlihat sangat cantik dari puncak gunung yang berada di kawasan Jayagiri, Lembang ini.

Beberapa tempat wisata ini merupakan aktivitas luar ruangan yang tentunya bisa menguras energi. Tapi tidak masalah, tojh buat kamu yang bekerja kantoran misalnya, sesekali aktivitas fisik bisa bikin kamu lebih bugar kan? Siapkan diri dan nikmati waktu selama perjalanan menuju ke Bandung, dan selamat liburan!

42 comments:

  1. Aaaah indahnya Bandungku...

    Baru tahu ada curug pelangi udah lama gak main ke alam asri. Kangen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. main main tteh, lumayan sekalian olahraga naik turun tangganya hihi

      Delete
  2. Tempat tempat ini nihh yang selalu bikin betaah tinggal di Bandung ❤ tempat wisata alam nya kaya ga bosen2 buat dijelajahi

    ReplyDelete
  3. Kangen Bandung. 27 tahun di Bandung, tapi no 4 belum pernah kekunjungi. Terus ketempat lainnya pun cuma beberapa kali. So sad

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa tau ada kesempatan di lain waktu, bisa jd referensi tmpt liburan teh

      Delete
  4. Setujuu..menikmati liburan alam di bandung memang lebih menyenangkan��

    ReplyDelete
  5. Bandung udah love n hate, kadang pengen ke. Kawah Putih lagi tapi mahalnyaaaaa dan pengelolanya bukan urang Bandung euy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tteh, tiket ke kawah putih emang mahal ya kalau diitung itung

      Delete
  6. Segeeer banget bandungku. Ternyata cari kesejukan nggak perlu jauh-jauh ya, di sekitar kita pun banyak tempat keren yang belum terjelajahi. Nuhun sharingnya.

    ReplyDelete
  7. Teh aku tuh tinggal di Bandung Barat tapi belum pernah ke Curug Cimahi, parah yah hehe. Tengkyu ya teeeh info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah harus nyoba kesana sih, lumayan naik turun tangganya jd olahraga juga lho

      Delete
  8. Aku baru tau dong ada arung jeram cikapundung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini termasuk baru sih, aku juga baru tau hehe

      Delete
  9. Cocok nih buat jadi destinasi jalan-jalan weekend besok..

    ReplyDelete
  10. Di Bandung mah banyak wisata alamnya ya, yang belum pernah ke curug pelangi sama gunung putri lembang

    ReplyDelete
  11. Dari kemarin lihat postingan tentang Gunung Putri Lembang melulu, jadi makin pengen kesana huhu

    ReplyDelete
  12. Cinta banget sama Bandung! Nggak hanya kulinernya aja yang juara, tapi keindahan alamnya juga hihi

    ReplyDelete
  13. udah lama bangetlah ga main ke tempat itu semua.. jd pengen dtg hufff

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo tteh berkunjung buat piknik biar asik

      Delete
  14. Aku ingin ke curug cimahi ih, dulu ngerencanain sama tmn2 tp yang ada hanya wacana.. ah syudahlah

    ReplyDelete
  15. Curug pelangi belum pernah nih, pengen ke sana deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain tteh, enak buat ngadem tapi harus siap pegel juga hehe

      Delete
  16. Pantesan anakku suka kemping di Gunung Putri, lah wong view-nya keren gitu.

    ReplyDelete
  17. Indahnya...Aku belum pernah ke tempat-tempat itu, btw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo tteh, ajak dedenya nanti kalau udh bisa jalan jalan juga. seru lho

      Delete
  18. Belum pernah ke curug pelangi ih, penasaran pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu kesana, sekalian botram disana enak lho

      Delete
  19. aku suka banget sama kawah putih, bagus banget tempatnya, aku tapi kelewat sama situ patenggangnya, next mau kesana ah

    ReplyDelete
  20. tinggal 2 nih yang belum di-checklisted: mainan air di cikapundung dan hiking di gunung putri

    semoga mas bojo mau diajak main ke situ =D

    ReplyDelete
  21. Wah, yang aku belom pernah kayaknya arung jeram deh. Nantang banget ya. Jadi pengen. Walopun takut. :D

    ReplyDelete