17 May 2018

Selamat Datang Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Sebulan yang lalu, tiba tiba liat kalender dan menghitung hari kalau sebentar lagi Ramadhan akan tiba. Hingga akhirnya tibalah hari Ramadhan yang diingat sebulan lalu tersebut.

Alhamdulillah, Alhamdulillah rasanya terharu masih bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan. Alhamdulillah masih bisa merasakan suasana bulan yang penuh berkah dan rahmat ini. Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk bisa beraktivitas di bulan yang suci ini.

Banyak sekali keutamaan dan kelebihan bulan  Ramadhan yang rasanya selalu dirindukan. Padahal jika diingat tak sedikit pula waktu yang pernah terbuang sia sia ketika Ramadhan tahun sebelumnya berlalu.  Banyak sekali hal baik yang terlewatkan di bulan Ramadhan sebelum sebelumnya.

Menjelang Ramadhan tiba beberapa hari lalu, sengaja aku mencari informasi mengenai Ramadhan lebih dalam. Menggali ilmu yang mungkin selama ini tak pernah ku tahu. Atau bahkan sudah ku ketahui tapi terabaikan begitu saja.

Dari beberapa ceramah Ustad yang ku dengar, ada beberapa hal yang amat penting bagiku. Diantaranya yaitu

  1. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa karena Allah melipatgandakan pahala yang diberikanNya kepada para UmatNya.
  2. Beberapa ibadah dan amalan amalan baik hanya ada dan bisa dikerjakan di bulan Ramadhan. Diantaranya yaitu Puasa wajib dan Shalat Tarawih
  3. Ada malam dimana yang lebih baik dari seribu bulan. Dimana jika kita mengerjakan amal sholeh di malam tersebut pahalanya bagaikan mengerjakan amalan selama seribu bulan.
  4. Pada bulan Ramadhan juga, Al-Qur’an turun kala itu
Banyak sekali amal ibadah yang  bisa dilakukan di bulan suci Ramadhan. Biasanya, setiap orang yang sudah siap menyambut dan menghadapi bulan Ramadhan memiliki target tentang amalan ataupun kegiatan yang akan dilaksanakan di bulan Ramadhan.

Semoga semua niat baik dalam menyambut bulan Ramadhan dapat berjalan lancar sesuai keinginan. Tentu semua hal tersebut harus didasari dengan iman yang baik. Tertampar sekali aku, ketika mengetahui cerita tentang kakek kakek yang tidak mengeluh saat menjalani ibadah di bulan Ramadhan dengan senang hati tanpa keluhan sama sekali.

Rasanya malu sekali jika mengingat Allah telah memberikan banyak kebaikan pada hidup ini tapi ternyata aku tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Padahal menurut cerita tersebut jika ingin melaksanakan ibadah dengan rasa yang ikhlas dan mudah kuncinya hanyalah satu yaitu Iman.

Apalagi bulan Ramadhan tahun ini terasa begitu penuh berkah. Hari hari yang kujalani seakan lebih berarti dan berwarna lagi. Memiliki pendamping hidup dan calon bayi yang kini ada di kandunganku menambah rasa syukur kepada yang Maha Kuasa.

Semoga aku bisa menyambut dan menjalani hari hari di bulan Ramadhan  dengan baik. Begitu juga dengan kalian semua teman teman. Semoga Ramadhan tahun ini tidak berlalu begitu saja.

Marhaban ya Ramadhan

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan


12 comments:

  1. Masama Risky, met menjalankan ibadah puasa, moga dioancarkan ampe hari kemenangan yaa..
    Happy Ramadhan..

    ReplyDelete
  2. Mudah2an berkah Ramadan untuk kita semua yaa, aamiin

    ReplyDelete
  3. waktu rasanya cepet banget berlalu ya.. dan Alhamdulillah kita semua bisa ketemu lagi sama Ramadhan tahun ini.. mudah-mudahan ini menjadi moment buat kita semua menjadi lebih dan lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  4. selamat menuaikan ibadah puasa ya..

    ReplyDelete
  5. happy fasting, mohon maaf lahir dan bathin ya

    ReplyDelete
  6. Aamiin. Semoga dilingkupi dengan kebahagiaan, kebaikan, dan keberkahan ya

    ReplyDelete
  7. Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari Ramadhan tahun kemarin.

    ReplyDelete
  8. Ramadan Kareem. Mohon maaf lahir dan batin ya, Ky. Tetap puasakah selama hamil? Sehat selalu ya.

    ReplyDelete
  9. Happy Ramadan, hope this holy month giving us many blessings amiin

    ReplyDelete
  10. Ramadan kareem, semoga Ramadan kali ini lebih baik. Barakallah, teh Risky.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah masih ketemu Ramadan lagi :)

    ReplyDelete