TIPS MENGATASI KAKI KRAM PADA IBU HAMIL

Kehamilan yang dirasakan oleh wanita merupakan suatu kebahagiaan yang luar biasa. Namun tahukah kamu bahwa perjuangannya juga bukan hal yang mudah dan biasa saja. Banyak sekali keluhan yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil. Mulai dari morning sickness seperti pusing, mual dan muntah di trisemster pertama. Sulit tidur di malam hari, nafas yang mulai terasa berat, rahim yang semakin besar dan membuat berat badan juga meningkat tajam. Keluhan lainnya yang sering dirasakan oleh ibu hamil yaitu kaki kram.

Kram pada merupakan suatu kondisi dimana otot pada bagian tubuh tiba tiba menegang dan akhirnya membuat rasa sakit pada bagian tubuh tersebut. Bagian tubuh yang bisa merasakan keram bisa apa saja, namun yang paling sering yaitu bagian tangan dan kaki. Pada ibu hamil, kram pada kaki adalah hal yang sering terjadi. Apalagi di malam hari ketika ibu hamil tengah tidur lelap. Ibu hamil biasanya bangun tiba tiba karena rasa nyeri yang dirasakannya akibat kram pada kaki.

Kondisi kram pada kaki merupakan hal yang wajar terjadi. Dikutip dari berbagai sumber, kram pada kaki ibu hamil bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya

1. Kekurangan Kalsium dan Magnesium
Ibu hamil membutuhkan kalsium dan magnesium yang lebih banyak daripada biasanya. Hal ini karena janin dalam kandungan juga memerlukan kalsium untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang, saraf dan otot janin di dalam kandungan. Selain itu kalsium juga berperan penting untuk menjaga detak jantung bayi agar selalu stabil. Bagi ibu hamil sendiri, kalsium penting untuk mencegah osteoporosis.

2. Dehidrasi dan Kurang Minum Air Putih
Kekurangan cairan pada ibu hamil juga dapat mendapatkan kram pada kaki ibu hamil. Ibu hamil yang jarang atau sedikit dalam mengkonsumsi air putih juga disebut sering merasakan kram pada kaki saat tengah hamil.

3. Suhu Dingin
Suhu dingin pada malam hari yang seringkali dirasakan ibu hamil juga dapat memicu kram pada kaki. Suhu dingin dapat memicu otot menegang sehingga akhirnya menimbulkan kram pada bagian tubuh ibu hamil.

4. Cedera saat tidur
Ketika tengah tertidur pulas kadang ibu hami, tidak sengaja berubah posisi secara tiba tiba sehingga bisa membuat cedera. Sehingga otot tiba tiba bisa saja menegang dan akhirnya membuat kaki atau bagian tubuh ibu hamil lainnya menjadi kram.

Kram yang dirasakan oleh ibu hamil bisa saja terjadi hanya dalam hitungan detik. Namun akibat kram tersebut bisa membutuhkan waktu yang berbeda beda pada ibu hamil. Ada yang tidak merasakan nyeri maupun ngilu sejak kram terjadi. Ada juga yang merasakan nyeri dan ngilu pasca kram selama beberapa menit bahkan ada yang sampai merasakan pegal beberapa hari kemudian. Bagi yang pernah merasakan kram pada kakinya saat hamil tentu mengetahui bagaimana rasa nyeri dan ngilu yang dialaminya tersebut. Adapun terdapat beberapa tips agar ibu hamil dapat meminimalisir kram yang terjadi. Diantaranya yaitu

1. Letakkan posisi kaki lebih tinggi dari posisi badan
2. Kompres kaki dengan air hangat sebelum tidur
3. Pijat kaki sebelum tidur
4. Perbanyak minum air putih
5. Lakukan peregangan dan olahraga ringan dan aman untuk ibu hamil setiap hari
6. Rendam kaki dengan air hangat sebelum tidur
7. Pastikan kaki dalam kondisi hangat dan tidak kedinginan ketika tidur

Beberapa cara yang tertera diatas terbukti berhasil menurutku. Setelah melakukan beberapa cara diatas kram kaki yang beberapa kali sering ku rasakan saat hamil juga tidak terjadi lagi. Semoga cara ini membantu teman teman yang sedang hamil atau sering merasakan kram pada kaki saat malam hari ya. Punya tips lainnya yang bisa mengatasi kram saat hamil? Silahkan comment dibawah ini. Mari berdiskusi bersama ya