TIPS BELAJAR MEMASAK BAGI PEMULA



Biasanya, perempuan yang beranjak remaja sudah suka memikirkan dan ingin belajar memasak. Entah karena hobi, ataupun alasan lainnya. Misal memasak untuk teman, sahabat, pacar, atau orang tersayang. Karena masakan juga bisa mencerminkan bagaimana kepribadian seseorang.
Untuk kamu yang belum bisa atau belum pandai memasak tidak ada salahnya mengikuti tips dan trik dibawah ini. Simak yaa
1. Mulailah mengenal Dapur
Sebelum mulai memasak, berkenalanlah dengan dapur. Tempat untuk memasak. Karena bagaimana mungkin kalian bisa jago memasak jika belum tau dapur dengan segala perabotan dan peralatannya. Mulailah berkenalan dan mengetahui apa saja barang barang yang ada di dapur. Bentuk dan cara menggunakannya.
2. Mengetahui bumbu dasar
Bagi pemula, biasanya bumbu dasar seperti rempah rempah sangat perlu untuk diketahui. Sebut saja bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar, bawang daun, seledri, daun jeruk, daun pandan, dll. Dan yang paling penting membedakan mana garam dan mana bumbu penyedap rasa (pecin). Hal yang sepele itu, masih banyak loh yang terkecoh ketika hendak memasak.
3. Mengetahui bahan pokok
Jika sudah timbul keinginan untuk bisa memasak, maka timbul juga rasa inginmemasak ini dan memasak itu. Oleh karena itu, cobalah mengenal bahan pokok yang ingin dibuat. Karena tidak lucu rasanya jika akan membuat sop ayam tapi bahan pokok yang dibeli daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya. Atau ingin memasak nasi goring tapi bahan sayur asem yang dibelanjakannya.
4. Membeli atau Rajin membaca buku resep
Sudah banyak buku resep yang dijual di pasaran maupun tersedia gratis di website online. Luangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca dan mencoba memahami isi resep suatu masakan. Jika sudah paham beberapa tips diatas, resep masakan yang dibaca, bisa mulai dicoba. Mulailah dengan masakan yang simple. Yang tidak memerlukan banyak alat maupun bahan dasar dan bahan pokok sebagai resep masakannya.
5. Streaming Youtube
Aplikasi video ini juga menyajikan berbagai resep makanan yang ingin anda coba. Masukan saja keyword yang dicari dan ikuti cara maupun panduan memasaknya.
Begitulah beberapa tips dan trik memasak untuk pemula, selamat mencoba dan semoga hasil masakannya enak dan disukai oleh yang lainnya.